May 15, 2015

Michellin Ingin Kembali ke Formula 1

Penulis: Desmal Andi
Michellin Ingin Kembali ke Formula 1  

MOBITEKNO – Produsen ban asal Prancis ini menyatakan keinginannya untuk kembali di balapan Formula 1 setelah kontrak Pirelli berakhir di tahun 2016 nanti. Michellin sudah mengajukan proposal dan beberapa usulan mengenai ban ke pihak FIA.

Salah satu usulan yang diajukan adalah mengganti ukuran ban 13 inci ke 18 inci seperti yang sudah diterapkan pada ajang Formula E dan segera di seri-seri lainnya. Jadi, keputusan masuk tidaknya Michellin ke Formula 1 kini bergantung pada FIA dan bernie Ecclestone.

Michellin terakhir kali ikut sebagai pemasok ban Formula 1 pada tahun 2006 lalu. Di tahun sebelumnya, 2005, saat Bridgestone dan Michellin menjadi pemasok ban Formula 1, Michellin sempat diguncang masalah saat GP Amerika di Indianapolis berlangsung. Michellin menyatakan ketidakmampuan bannya untuk kecepatan tinggi di track oval  miring sehingga mengusulkan track diperlambat dengan membuat sebuah chicane. Namun, usul ini ditolak FIA dan menimbulkan aksi mogok dari tim yang menggunakan ban Michellin. Balapan hanya diikuti oleh tim dengan ban Brodgestone.

Setelah tahun 2006, Bridgestone menjadi pemasok tunggal hingga tahun 2011. Pirelli menggantikannya sampai tahun 2016 nanti.

 

Sumber: Autosport

Tags: ,


COMMENTS