July 14, 2015

Perkenalkan Robby, Mobil Balap Autonomous Audi RS 7 yang Lebih Jagoan daripada Pembalap

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Perkenalkan Robby, Mobil Balap Autonomous Audi RS 7 yang Lebih Jagoan daripada Pembalap  

 

MOBITEKNO – Teknologi mobil konsep tanpa pengemudi (autonomous car, driveless car, self-driving car, robot car) bukan hanya dilakukan oleh Google semata. Produsen-produsen otomotif Jerman juga punya rencana sendiri dalam teknologi tersebut agar tidak bergantung pada semua teknologi otomotif yang ditawarkan raksasa TI asal AS tersebut.

Tekad membangun teknologi mobil autonomous tersendiri ini juga didukung pemerintah Jerman yang telah mencanangkan inisiatif uji coba teknologi digital di jalan raya yang disebutnya "Digitales Testfeld Autobahn".

Tekad ini wajar saja sebagai respons untuk mengimbangi dominasi teknologi Google yang terlalu jauh ke berbagai belahan dunia. Seperti diketahui, produsen mobil besar di AS yang berbasis di Detroit, seperti Ford Motor, General Motors, dan Fiat Chrysler Automobiles kemungkinan besar juga akan mengadopsi teknologi autonomous Google yang lebih dulu start dan meninggalkan teknologi autonomous yang selama ini telah mereka kembangkan masing-masing.

Selain kebanggan nasional, perusahaan otomotif Jerman, seperti Volkswagen AG, Daimler AG, Bayerische Motoren Werke (BMW) AG, dan Audi AG selama ini diketahui sudah menyiapkan bujet besar dalam rangka riset dan pengembangan teknologi autonomous driving. Masih belum diketahui apakah, keempat produsen ini akan bekerjasama atau jalan sendiri dengant teknologi autonomous car-nya

Meskipun start belakangan dibandingkan Google dalam pengembangan autonomous car, salah satu produsen mobil Jerman, Audi, boleh berbangga karena mobil balap konsepnya yang tanpa pengemudi, yakni RS 7, berhasil unjuk kebolehan dengan mengalahkan mobil balap dengan pengemudi di arena balap Sonoma Raceway, San Francisco, AS belum lama ini.

Demo mobil balap konsep terbaru RS 7 ini sebenarnya dimaksudkan Audi sebagai indikasi bahwa teknologi autonomous driving-nya sudah cukup ‘matang’ untuk diimplementasikan. Menurut Audi, mobil yang dikendalikan robot ii mencapai waktu tempuh lap yang lebih baik (lap times) daripada pengemudi manusia. Satu putaran 4.05 km (2.52 miles) sirkuit bisa dtempuh hanya dalam waktu 2:01.01 menit (kecepatan rata-rata 122 km/jam). Sayangnya, kecepatan maksimum tidak diinformasikan.

Bukan kali ini saja Audi menguji coba teknologi autonomous driving pada mobilnya atau disebut Audi sebagai teknologi piloted driving di kondisi jalan yang menantang dan cepat tersebut. Tepatnya pada bulan Oktober 2014 lalu, Audi RS 7 (disebut juga Bobby) telah berhasil menyelesaikan putaran pertamanya tanpa pengemudi di arena balap Hockenheim Ring, Jerman. Simak juga kemampuan Bobby dalam bermanuver di arena balap pada video di bawah.

Pada waktu itu, kecepatan maksimumnya mencapai 240 km/jam. Versi terakhir RS 7 yang kini berjulukan Robby ditenagai dengan mesin 520 HP (412 kW). RS 7 Robby yang sekarang juga tampil lebih langsing daripada RS 7 Bobby. Bobot total Robby berhasil diturunkan hingga lebih ringan 400 kg daripada pendahulunya Bobby.

Audi memilih arena Sonoma Raceway (dulunya bernama Infineon Raceway) sebagai lokasi uji coba RS 7 versi terbarunya karena lintasan treknya yang sangat menantang. Selain uji coba di arena balap, Audi juga melakukan uji coba mobilnya di jalanan umum. Awal tahun ini, Audi menjajal mobil autonomous-nya A7 (dijuluki Jack) yang berpenumpang di dalamnya dengan rute dari Silicon Valley menuju lokasi ajang CES (Consumer Electronics Show) 2015 di Las Vegas.

Audi A7 Jack juga sempat melakukan unjuk kebolehan di jalanan kota Shanghai yang terkenal dengan kepadatannya dengan hanya mengandalkan kecanggihan sensor dan algoritma khusus pada bulan Mei 2015 lalu.

Menurut Audi, uji coba di berbagai tempat/kondisi jalan, seperti trek racing, perkotaan yang padat, dan jalan bebas hambatan memberi input yang sangat berharga bagi sistem autonomous yang dirancang Audi, mulai dari teknologi sensor hingga teknologi pengolahan data real-time-nya.

Audi optimis, implementasi teknologi autonomous car-nya semakin dekat untuk dikonsumsi publik. Rencananya, seri premium sedan A8 terbarunya akan mengusung beberapa kemampuan kontrol ‘autonomous’ pada kondisi spesifik, seperti parkir otomatis, lalu-lintas yang macet (stop-and-go traffic), dan jalan bebas hambatan pada kecepatan hingga 60 km/jam. Semoga saja!

 

Video (versi pendek dan panjang) unjuk kebolehan Audi RS 7 Bobby yang merupakan versi terdahulu dari RS 7 Robby:

 

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS