April 14, 2015

Yuuk, Bersepeda Secara Virtual dengan Widerun

Penulis: Desmal Andi
Yuuk, Bersepeda Secara Virtual dengan Widerun  

MOBITEKNO – Sebuah perusahaan di Italy belum lama ini memperkenalkan inovasinya yang menggabungkan perangkat Oculus Rift dengan sebuah perangkat khusus yang diintegrasikan ke sepeda. Gabungan perangkat khusus ini dengan Oculus Rift yang memiliki teknologi  Augmented Reality  dapat menghasilkan suasana bersepeda seperti sungguhan.

Perangkat khusus yang dinamakan “Widerun” ini dapat menjadi virtual reality fitness di sebuah ruang di dalam rumah. Alat ini memungkinkan Anda untuk menggunakan sepeda tanpa harus mengendarainya di jalan sebenarnya. Widerun dapat membuat penggunanya benar-benar berkeringat karena keadaan akan disimulasikan dengan keadaan sesungguhnya.

Satu hal yang menarik dari alat ini adalah penggunaan sepeda biasa, bukan sepeda statis. Dengan sebuah docking khusus, posisi sepeda akan dikunci sehingga berfungsi layaknya sepeda statis.

Widerun menggunakan Microcontroller untuk mensimulasikan getaran sepeda, kecepatan, hambatan saat menanjak, dan berbagai keadaan lainnya secara virtual. Selain dengan Oculus Rift, Widerun juga bisa berfungsi dengan Samsung Gear VR atau televisi layar lebar jika Anda tidak memiliki perangkat virtual

Widerun juga dapat disambungkan dengan PC dan smartphone melalui Bluetooth. Dengan demikian, Widerun dan smartphone dapat menerima data secara kontinyu bolak-balik seperti perangkat umum.

 

Sumber: www.widerun.com

Tags: , ,


COMMENTS