April 14, 2015

Mengenal Anatomi Mobil Milik HERE untuk Membangun Peta Digital

Penulis: Desmal Andi
Mengenal Anatomi Mobil Milik HERE untuk Membangun Peta Digital  

MOBITEKNO – Kemunculan sebuah mobil "misterius" beberapa bulan lalu di banyak negara yang dilengkapi dengan alat pemetaan mulai menjadi perbincangan menarik di sosial media. Sebelumnya sebuah kendaraan roda empat tanpa merek yang telah didaftarkan oleh Apple juga memicu keingintahuan banyak orang.

Berbabagai spekulasi muncul bahwa mobil tersebut merupakan model dasar sebuah kendaraan autonomous. Namun, tak sedikit orang yang benar menebak bahwa itu adalah kendaraan yang sengaja dirancang untuk membangun peta digital. Lewat blog resminya, HERE mencoba untuk menjelaskan mengenai anatomi kendaraan yang digunakannya untuk membangun peta digital. 
 
Setiap kendaraan roda empat atau mobil yang digunakan akan berkeliling ke berberbagai pelosok wilayah. Oleh karena itu, mobil tersebut telah dilengkapi dengan perangkat pemetaan, seperti Inertial Measurement Unit (IMU). Alat ini berfungsi untuk mengumpulkan titik koordinat, arahan/tujuan dan berbagai data lainnya dengan menggunakan akselerasi meter dan gyroscope. 
 
Dari mobil tersebut beberapa jalanan yang dilalui juga dipotret menggunakan kamera 24 MP dengan sudut hingga 360 derajat. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan gambar atau foto yang terlihat lebih optimal. Selanjutnya, seluruh gambar yang dihasilkan akan dikumpulkan menjadi satu.
 
Di atas mobil, sebuah silinder kecil yang menyerupai kaleng minuman dapat berputar dengan sangat cepat. Perangkat ini merupakan LiDAR (Light Detection And Ranging), yaitu sensor yang menggabungkan banyak data untuk menampilkan gambar tiga dimensi. Sensor laser ini dapat mengumpulkan sekitar 700 ribu gambar tiga dimensi per detik.
 
Kendaraan yang dimanfaatkan oleh HERE untuk membangun peta digital juga dilengkapi GPS dengan akurasi tinggi. Selain untuk menentukan titik koordinat sebuah lokasi pengambilan gambar (termasuk longitude dan latitude), alat tersebut juga berfungsi untuk memperkaya informasi terkait seluruh gambar tiga dimensi yang diambil menggunakan teknologi LiDAR.
 
Satu hal yang tak kalah menarik, kedepannya seluruh data pemetaan yang berhasil di-capture oleh HERE juga akan dipersiapkan untuk kebutuhan kendaraan autonomous atau pengembangan kota pintar di banyak negara. Dalam 18 bulan terakhir, HERE telah berhasil membangun peta digital sejauh 1,2 juta mil (hampir 2 Juta Kilometer) jalanan dalam bentuk 3D.
 
 
Sumber: http://360.here.com
Tags: ,


COMMENTS