April 14, 2015

Corolla Classic Community: Khusus Pencinta Mobil Lawas

Penulis: Desmal Andi
Corolla Classic Community: Khusus Pencinta Mobil Lawas  

MOBITEKNO – Siapa bilang mobil lawas tidak bisa bergaya di jalan raya, khususnya di Jakarta? Coba saja bergabung dengan Corolla Classic Community (Triple C). Di komunitas ini, semua penggemar mobil klasik Toyota Corolla bisa bertukar pikiran.

Tujuan Didirikannya Triple C

Komunitas yang didirikan pada tahun 16 Juni 2012 ini berusaha melestarikan mobil lawas Toyota Corolla. Selain melestarikan mobil lawas, Triple C juga sebagai tempat berkumpulnya pengguna, penggemar, pemerhati, dan pencinta mobil Jepang yang mengusung konsep retro dan klasik.

Awal terbentuknya komunitas ini seperti komunitas lain pada umumnya, bermula dari ajang kumpul-kumpul yang memiliki satu minat, hobi, dan kesenangan  terhadap mobil klasik Toyota Corolla. Mereka yang sering berkumpul di panahan Senayan akhirnya menyatukan hobi mereka dalam sebuah komunitas. Anto, Edy, Upang, Ebonk, Adrian, dan Tyo sebagai pendiri Triple C akhirnya menetapkan satu tanggal, yaitu 16 Juni 2012 sebagai tonggak awal berdirinya komunitas ini.

Saat awal dibentuk, komunitas ini hanya terdiri dari 10 orang saja. Namun, seiring berjalannya waktu, anggota komunitas juga semakin bertambah dan kini sudah mencapai 45 anggota resmi, ditambah puluhan simpatisan. Simpatisan merupakan anggota komunitas tetapi tidak atau belum memiliki Toyota Corolla lawas.  

Tidak semua simpatisan dapat menjadi anggota resmi karena komunitas ini memiliki syarat untuk menjadi anggota resmi, yaitu memiliki salah satu mobil Toyota Corolla lawas. Memang para anggota resmi dan simpatisan ini kerap melakukan pertemuan di setiap Jumat malam di lokasi panahan, Senayan, Jakarta. Namun, untuk pertemuan wajib para anggota dilakukan sebulan sekali.

Aktivitas dan Penghargaan

Walaupun klasik, tetapi komunitas ini memiliki aktivitas yang cukup banyak. Sejak tahun 2012 hingga 2015 ini, sejumlah kegiatan seperti bakti sosial, gathering, hingga buka puasa bersama sering dilakukan oleh Triple C. Berbagai event yang membawa nama retro dan klasik pun juga mereka ikuti.

Aktifnya komunitas ini dalam mengikuti berbagai event membuat Triple C beberapa kali meraih penghargaan. Penghargaan-penghargaan tersebut diantaranya adalah juara 1 UPN Classic Car Contest, The Best Retro pada Sumpah Pemuda Car Contest, Best Drag Look & Best Retro di Autorave, Juara 1 pada Fun Rally Bali, dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi anggota komunitas ini, syarat yang ditentukan oleh Triple C cukup mudah. Selain wajib memiliki Toyota Corolla lawas, calon anggota juga wajib mengikuti minimal tiga kali touring dan gathering. Calon anggota juga harus bersedia mengikuti dan kompak dalam mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan Triple C.

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES