June 12, 2015

Cukup 4 Tahun, Dick Costolo Putuskan Mundur dari CEO Twitter

Penulis: Elizabeth Swanti
Cukup 4 Tahun, Dick Costolo Putuskan Mundur dari CEO Twitter  

MOBITEKNO – Jumat pagi ini, timeline Twitter diramaikan dengan kicauan mengenai mundurnya CEO Twitter, Dick Costolo. Berita ini muncul pertama kali dari akun resmi Twitter Investor Relation (@TwitterIR) yang menginformasikan bahwa Costolo mundur dan akan digantikan oleh Jack Dorsey sebagai CEO Interim.

Costolo akan resmi meninggalkan kursinya mulai 1 Juli mendatang dan langsung digantikan oleh Dorsey akan mulai bertugas pada tanggal tersebut. Agar kinerja perusahaan tidak terganggu, keduanya dikabarkan mengadakan conference call dengan para investor Twitter pada Jumat dinihari tadi.

Costolo sendiri memegang tampuk pimpinan Twitter, Inc mulai Oktober 2010, menggantikan Evan Williams. Sebelumnya, Costolo menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO).

Dalam wawancaranya dengan Business Insider, beberapa saat setelah pengumuman tersebut meluncur ke publik, Dorsey mengatakan bahwa saat ini ia ingin fokus pada tugasnya sebagai CEO interim dan belum memikirkan apakah akan menjadi CEO secara penuh atau tidak.

Namun, Jack Dorsey sendiri bukanlah sosok yang asing bagi publik  Twitter. Pria Kelahiran 19 November 1976 ini diketahui sebagai pendiri Twitter. Sejak Twitter didirikan, Dorsey selalu mengatakan dalam setiap wawancara bahwa ia bercita-cita menjadikan Twitter, Inc sebagai perusahaan teknologi yang berfokus pada konsumen seperti Steve Jobs. Saat ini, jack Dorsey masih memimpin Square, perusahaan teknologi yang mengembangka sistem pembayaran mobile.

New York Times menganalisis salah satu penyebab kemunduran Costolo karena ia berada di bawah tekanan sebagai CEO. Selama kepemimpinannya, pertumbuhan pengguna Twitter dipandang melambat. Dikhawatirkan, perusahaan dapat kehilangan pendapatan pada kuartal terakhir. Namun, Costolo membela diri bahwa ia telah mengumpulkan tim yang hebat dan kompak. Ia bahkan merasa perusahaan tidak pernah dalam posisi yang lebih baik sebelum ia memimpin Twitter. Hal ini dibuktikan dengan pendapatan Twitter yang mencapai 24 Miliar USD serta kesuksesan IPO.

Saat ini, Twitter memiliki 300 juta pengguna aktif setiap bulan. Aggka ini memang cukup besar, tetapi masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan jumlah pengguna aktif Facebook yang mencapai 1,4 miliar. Angka pengguna aktif Twitter bahkan mulai tersusul oleh Instagram  dan snapChat. Hal inilah yang membuat para investor menjadi tidak sabar dengan kinerja Costolo, yang kemungkinan mempercepat kepergiannya.

 

Tags: , ,


COMMENTS