December 11, 2015

VISA: Mayoritas Orang Indonesia Belanja Online Sekali Sebulan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
VISA: Mayoritas Orang Indonesia Belanja Online Sekali Sebulan  

MOBITEKNO – Perusahaan layanan finansial dan pembayaran global, VISA melaporkan hasil risetnya bahwa sekitar 70 persen respondennya di Indonesia melakukan pembelian via e-commerce (belanja online) minimal satu kali dalam sebulan.

Kemudahan belanja barang melalui e-commerce juga ditunjang oleh semakin kondusifnya infrastruktur koneksi Internet dan maraknya perangkat mobile. Faktor-faktor ini pula yang perlahan-lahan menggeser gaya hidup masyarakat Indonesia dalam berbagai aspek, termasuk kebiasaan belanja.

Kemudahan dan kenyamanan berbelanja dan bermunculannya layanan e-commerce (toko online) yang saling berkompetisi dalam harga membuat konsumen semakin tertarik berbelanja secara online. Cukup melakukan transaksi online dan barang bisa langsung dikirimkan ke rumah pembeli.

Riset ini juga menunjukkan bahwa kartu pembayaran menjadi salah satu metode pembayaran semakin populer saat melakukan pembelian (belanja) online.

Menurut VISA, jenis belanja online yang paling sering dilakukan orang Indonesia antara lain, pembelian paket travel/perjalanan (64%), event dan pertunjukan (58%), software/aplikasi (57%), layanan keuangan (54%), digital content, seperti audio dan video (52%).

Survei juga menunjukkan bahwa lebih dari setengah responden pernah membatalkan proses pembelian karena beberapa alasan, seperti proses yang lambat (26%), tidak yakin dengan keamanan transaksi (23%), proses berbelit (20%), navigasi website yang sulit (18%), dan kurang ramah dilakuakan dari mobile device/smartphone (7%).

Ellyana Fuad, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia mengatakan, "Kami memahami pentingnya faktor keamanan dalam berbelanja online, oleh karena itu Visa menerapkan sistem keamanan berlapis untuk melindungi setiap transaksi online”.

“Sistem keamanan berlapis tersebut termasuk menerapkan Card Verification Value (CVV2 atau kode keamanan 3 digit) dan Verified by Visa (VbV), untuk melindungi para pemegang kartu dalam berbelanja online," jelasnya dalam rilis resmi baru-baru ini (8/12/2015).

Ellyana Fuad menjelaskan Card Verification Value (CVV2 atau kode keamanan 3 digit) akan memastikan hanya pemegang kartu saja yang dapat menggunakan kartunya untuk berbelanja secara online.

Adapun sistem keamanan Verified by Visa (VbV) adalah proteksi keamanan ekstra yang menggunakan password sekali pakai (one-time password).

 

Tags: , , ,


COMMENTS