September 11, 2015

Benchmark AnTuTu Snapdragon 820 Indikasikan Spesifikasi Galaxy S7?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Benchmark AnTuTu Snapdragon 820 Indikasikan Spesifikasi Galaxy S7?  

MOBITEKNO – Smartphone flagship Samsung mendatang, Galaxy S7, diprediksi akan kembali diperkuat chip dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 820. Seperti diketahui, perubahan utama yang dibawa Qualcomm pada Snapdragon 820 dengan custom core CPU Kyro dibandingkan Snapdragon 810 adalah peningkatan performa dan efisiensi.

Sejauh apa persisnya peningkatan Snapdragon 820, setidaknya peningkatan performa, dibandingkan Snapdragon 810 mulai sedikit terkuak dari bocoran awal hasil benchmark smartphone yang diduga merupakan Samsung Galaxy S7.

Meskipun Galaxy S7 kemungkinan baru diluncurkan tahun depan, beberapa informasi seputar smartphone flagship Samsung tersebut mulai beredar di Internet, seperti adanya dua varian dengan ukuran layar berbeda (5,2 inci dan 5,8 inci).

Bocoran hasil benchmark AnTuTu dari Galaxy S7 sendiri diketahui dari website GforGames. Menurut mereka, performa “Samsung Lucky” (dianggap sebagai nama internal untuk Galaxy S7) diperoleh dari hasil pengujian yang dinputkan pengujinya pada database AnTuTu. Dari database inilah diketahui beberapa spesifikasi smartphone lainnya yang diduga sebagai Galaxy S7 tersebut.

Menurut laporan benchmark AnTuTu tersebut, Samsung Galaxy S7 akan diperkuat Qualcomm Snapdragon 820, dengan modul GPU Adreno 530, RAM 4 GB, dan internal storage 64 GB. Belum diketahui apakah Galaxy S7 juga tidak menyertakan slot MicroSD card seperti Galaxy S6 dan Galaxy Note5. Mengingat layar kedua model Galaxy S7 berukuran di atas 5 inci, smartphone ini bisa dikategorikan sebagai phablet.

Bocoran lainnya dari Samsung Galaxy S7 adalah kehadiran model dengan layar 5.7 inci Super AMOLED Quad HD (resolusi 2560 x 1440 pixels). Beralih ke fitur kamera, Galaxy S7 akan dilengkapi dengan kamera utama 16 MP dan kamera selfie 5 MP.

Pengujian benchmark AnTuTu pada prototipe Galaxy S7 ini dilakukan pada sistem operasi (OS) Android 5.1.1 Lollipop. Hasil performa AnTuTu ini mungkin akan berbeda saat Galaxy S7 dengan OS Android 6.0 Marshmallow.

Seperti kebiasaan Samsung sebelum era Galaxy S6, ada kemungkinan Galaxy S7 pun akan hadir dengan dua jenis chipset, yaitu Snapdragon 820 dari Qualcomm dan Exynos 7430 Hero yang didesain sendiri oleh Samsung.

Perbedaan efisiensi kedua chip diperkirakan tidak akan berbeda jauh mengingat kedua chipset ini akan dimanufaktur oleh Samsung dengan proses produksi FinFET 14 nm yang sama. Proses produksi ini terbukti sukses saat Samsung melakukan proses manufaktur chip Exynos 7420 untuk beberapa smartphone-nya, seperti Galaxy S6, S6 Edge, dan Note5.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS