August 11, 2015

BALOK, Pengecekan Awal Sebelum Kendaraan Digunakan

Penulis: Desmal Andi
BALOK, Pengecekan Awal Sebelum Kendaraan Digunakan  

MOBITEKNO – Agar dapat berkendara nyaman di jalan raya, selain dituntut kemampuan pengendara dalam mengoperasikan kendaraan, juga harus didukung dengan kondisi kendaraan yang baik. Seringkali akibat lupa memeriksa keadaan kendaraan di pagi hari, kejadian yang tidak diinginkan seperti mogok di saat kendaraan beroperasi bisa membuat kondisi yang tidak nyaman bagi pengendara dan penumpangnya.

Oleh sebab itu, Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menerapkan pemeriksaan BALOK sebelum kendaraan menyala atau beroperasi. Pemeriksaan ini bisa dilakukan di pagi hari sebelum kendaraan dinyalakan. Apa itu BALOK?

BALOK merupakan kepanjangan dari Body, Air, Listrik, Oli, Karet. “Jadi, langkah paling awal adalah memeriksa body,” ujar Boy Flatehansyah, trainer Jakarta Defensive Driving Consulting saat acara Ford DFSL di JI Expo Kemayoran. “Pemeriksaan body yang benar dilakukan dari satu titik dan selanjutnya memutar kendaraan sampai kembali di titik yang sama. Dengan seperti itu, kerusakan atau keanehan pada body kendaraan bisa dideteksi dengan baik sehingga tidak menghalangi fungsi aerodinamika kendaraan saat berjalan,” tambah Boy.

Selanjutnya adalah pemeriksaan air di kendaran di sekitar area mesin, seperti air untuk wiper, radiator, dan aki jika masih menggunakan aki tipe basah atau hybrid. Dengan pemeriksaan yang detail, kekurangan air yang bisa mengakibatkan kendaraan mogok bisa dicegah dari awal.

Kelistrikan juga harus diperiksa dengan benar karena menyangkut fungsi-fungsi yang ada di dalam kabin kendaraan. Soket kabel listrik yang kotor bisa dibersihkan dengan air panas. Berikutnya adalah oli. Jangan sampai oli berkurang dari batas seharusnya. Cabut stick oli pada mesin kendaraan dan lihat posisinya harus berada di area aman pada garis batas yang ada di permukaan stick.

Terakhir adalah karet. Karet-karet yang melekat pada body atau jendela sebaiknya diperiksa agar jangan sampai ada yang sobek atau rusak. Selain itu, periksa juga karet wiper di kaca depan. Karet wiper yang keras bisa menyebabkan sapuan air pda saat hujan menjadi tidak maksimal sehingga dapat menyulitkan pandangan pengemudi ke jalan raya.

Setelah semua pemeriksaan BALOK selesai, kendaraan bisa dinyalakan. Dengan pemeriksaan yang benar dan teliti sebelum kendaraan beroperasi, masalah pada saat kendaraan berjalan bisa dihindari. Mengemudi pun menjadi lebih aman dan nyaman.

Tags: , , , ,


COMMENTS