August 10, 2015

comScore: Google dan Apple Bersaing Ketat di Rumah Sendiri

Penulis: Eko Lannueardy
comScore: Google dan Apple Bersaing Ketat di Rumah Sendiri  

MOBITEKNO – Hingga saat ini jumlah pengguna smartphone di Amerika Serikat tercatat sebanyak 190 juta orang dengan penetrasi sebesar 76,7 persen. Perangkat besutan Apple adalah yang paling populer digunakan oleh mereka.

comScore mencatat market share Apple pada bulan Juni 2015 di pasar Amerika Serikat sebesar 44,1 persen atau naik 1,5 persen dibandingkan pada bulan sebelumnya. Produk smartphone lainnya yang juga masih populer adalah Samsung (28,1 persen), LG (8,3 persen) dan Motorola (4,9 persen).

Sejalan dengan besarnya perangkat smartphone yang populer di mata warga Amerika Serikat, Android masih menjadi sistem operasi yang memiliki market share terbesar hingga bulan Juni 2015, yakni 51,6 persen. Namun, ada penurunan sebesar 0,8 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Walaupun masih tertinggal dengan Android, iOS besutan Apple justru mengalami pertumbuhan. Pada bulan Maret 2015 tercatat sistem operasi ini memiliki market share sebanyak 42,6 persen. Naik 1,5 persen, kini di bulan Juni 2015 tercatat sebesar 44,1 persen.

Masih terkait dengan laporan comScore, sistem operasi besutan Microsoft juga juga mengalami penurunan, yakni sebesar 0,4 persen. Kini pada bulan Juni 2015 market share Windows Phone di pasar Amerika Serikat hanya sebesar 2,9 persen.

Bagaimana dengan aplikasi atau layanan yang melengkapi pasar smartphone dan sistem operasi mobile di Amerika Serikat. comScore mencatat bahwa Facebook masih menjadi aplikasi yang favorit, yakni sebesar 71,8 persen. Peringkat kedua dan ketiga di susul oleh YouTube (56,3 persen) dan Facebook Messenger (54,5 persen).

 

Sumber: comScore 

Tags: , , , ,


COMMENTS