July 10, 2015

Ban Asimetris Bridgestone akan Memulai Debutnya di Sirkuit MotoGP Sachsenring, Jerman

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ban Asimetris Bridgestone akan Memulai Debutnya di Sirkuit MotoGP Sachsenring, Jerman  

MOBITEKNO – Akhir pekan ini seri ke-8 balapan MotoGP akan berlangsung di sirkuit Sachsenring, Jerman. Pada seri ini juga ban asimetris Bridgestone akan melakukan debutnya di sirkuit yang memiliki karakter aspal abrasif dengan berbagai tikungan cepatnya ke kiri sehingga menjadi arena "penyiksaan" tersendiri bagi ban motor.

Sebut saja jumlah 10 tikungan ke kiri yang kontradiktif dengan 3 tikungan ke kanan menjadikan sirkuit Sachsenring akan sangat menyiksa sisi kiri ban motor. Sebaliknya, sisi kanan pun juga terkena efek abrasi gesekan aspal yang membuat produsen ban pun harus "berpikir baik-baik" dalam membuat material ban yang sesuai.

Menyambut debut ban Bridgestone perdana ini, Hiroshi Yamada, Manager Bridgestone Global Motorsport Department mengatakan, “Para teknisi kami menikmati tantangan dalam mengembangkan ban yang ideal unutk Sachsenring".

"Pada tahun ini kami akan menghadirkan ban berjenis asymmetric front slick untuk digunakan di sirkuti tersebut unutk pertama kalinya”, tambah Hiroshi Yamada yang telah terlibat di arean Grand Prix sejak tahun 1991 bersama Bridgestone.

Ban depan asimetris (asymmetric front slick) yang dibuat khusus untuk lomba MotoGP di Sachsenring, Jerman ini bisa dibedakan dari adanya penanda strip biru muda pada sisi luar bannya. Ban asimetris ini akan menggunakan bahan karet medium compound pada bagian tengah dam sisi kiri, dengan karet lembut (soft rubber) pada sisi kanan.

Selain jenis ban depan asimeteris, Bridgestone pun telah menyiapkan enam jenis compound slick tyre lainnya dengan warna yang berbea-beda. Misalnya, warna kuning unutk slick tyre Extra-Hard, merah untuk Hard, hijau untuk Extra-Soft, dan lain-lain.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS