December 8, 2015

Review HTC Desire 620G Dual Sim: Smartphone Kelas Menengah dengan Layar 5 inci, RAM Hanya 1 GB

Penulis: Putra
Review HTC Desire 620G Dual Sim: Smartphone Kelas Menengah dengan Layar 5 inci, RAM Hanya 1 GB  

MOBITEKNO – HTC, salah satu produsen smartphone asal Taiwan terus memperkaya portofolio produknya. Salah satu produk yang turut dipasarkan untuk konsumennya di Indonesia adalah Desire 620G Dual Sim. Di pasar global, smartphone ini sudah hadir sejak awal tahun 2015.

Di Indonesia, tak sedikit pengguna smartphone yang menyukai dukungan Dual Sim. Melihat hal itu, HTC cukup percaya diri untuk memasarkan Desire 620G Dual Sim di Tanah Air. Selain itu, di dukung dengan spesifikasi yang mumpuni, smartphone ini juga ditawarkan dengan harga yang relatif murah.

Hadir dengan bentang layar 5 inci yang memiliki resolusi 720 x 1280 piksel, smartphone ini memiliki kerapatan layar 294 ppi. Dukungan lainnya, smartphone yang masih mengadopsi Android 4.4.4 alias KitKat ini memiliki dimensi 150,1 x 72,7 x 9,6 mm dan berat sekitar 60 gram.

Desain

HTC Desire 620G Dual Sim memiliki desain dengan sudut membulat pada keempat sisinya. Tampilan muka smartphone besutan HTC ini terdapat bezel yang cukup tebal dengan list berwarna abu-abu muda. Lubang-lubang kecil yang terdapat pada sisi atas dan bawah frame menyembunyikan speaker untuk kebutuhan bertelefon dan memutar musik.

Dukungan kamera depan dengan sensor 5MP disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para pencinta foto selfie. Kamera depan yang ada terletak sejajar dengan lubang speaker dan sensor di sisi atas. Sedangkan logo HTC terlihat cukup jelas pada frame di sisi bawah yang diletakkan tak jauh dengan speaker.

HTC Desire 620G memiliki ketebalan 9,6 mm dengan bobot 160 gram, dimana panjang smartphone ini mencapai 150,1 mm dan lebar 72,7 mm. Agak berat dan sedikit panjang untuk digunakan pada satu tangan mengingat HTC menggunakan bezel dengan ukuran yang cukup tebal. Disisi kanan ada dua buah tombol, yakni tombol Volume dan Power.

Oleh HTC, tombol Volume dirancang sedikit menonjol dan panjang. Posisinya diletakkan di atas tombol Power dan keuntungannya masih mudah dijangkau oleh ibu jari (jempol) pengguna. Di sisi bagian atas, HTC menempatkan Port Audio 3,5 mm dan Port microUSB diletakkan di sisi bagian bawah.

Bergerak ke bagian belakang smartphone, HTC Desire 620G Dual Sim telah dibekali dengan kamera utama 8MP yang juga dilengkapi LED flash light tunggal. HTC Desire 620G Dual Sim bukanlah smartphone unibody. Pengguna bisa dengan mudah membuka penutup bagian belakang smartphone dan melepas baterai yang ada.

Selain itu, pengguna juga bisa menemukan dua slot Sim Card dan satu slot microSD di bagian dalamnya. HTC menjanjikan bahwa slot microSD yang tersedia bisa menampung data tambahan hingga 32 GB. Tentu saja alokasi penyimpanan data tersebut sudah lebih dari cukup untuk menampung data atau aplikasi yang ingin digunakan.

 

Fitur & Performa

Tak berbeda dengan kebanyakan smartphone racikan HTC lainnya, Desire 620G Dual Sim juga dilengkapi dengan beragam fitur menarik, seperti HTC Sense dan HTC BlinkFeed. Fitur terakhir yang disebut tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna yang suka sekali mencari berita atau informasi terbaru untuk menambah wawasannya.

Selain itu, HTC juga memperkaya smartphone ini dengan beragam aplikasi tambahan, seperti Polaris Office 5. Dengan adanya aplikasi tersebut, hal ini sangat membatu pengguna untuk mengolah atau sekadar membaca dokumen yang dimilikinya. Ada juga aplikasi HTC Dot View yang dapat disandingkan dengan case milik HTC untuk menampilkan notifikasi yang masuk dalam tampilan berbentuk dot.

Untuk menikmati konten multimedia, seperti gambar, musik atau menonton video, HTC sudah menyiapkan folder khusus yang mengelompokan beberapa aplikasi pendukung, seperti Video Highlights, Camera, Music, You Tube, Play Movies & TV, Play Music, FM Radio, Movie Studio, Play Books, Play Newsstand dan Photos.

Ingin mem-backup atau me-restore data yang ada? HTC juga melengkapi Desire 620G Dual Sim dengan aplikasi yang dinamakan Backup and Restore. Persyaratannya, smartphone ini akan meminta Anda untuk menempatkan microSD Card ke dalam slot microSD yang ada untuk menampung data yang diinginkan.

Masuk ke dalam jajaran smartphone kelas menengah yang dibanderol dengan harga Rp 2.699.000, HTC Desire 620G Dual Sim telah dibekali dengan prosesor octa core MediaTek MT6592 1.7 GHz Cortex-A7. Dukungan lainnya adalah RAM sebesar 1 GB yang dipadukan dengan GPU Mali-450MP4.

Lalu, bagaimana dengan kinerjanya? Tak perlu khawatir ketika menggunakan smartphone ini untuk memutar sebuah film Full HD dari YouTube atau memainkan game yang memiliki resolusi grafis standar, seperti Angry Birds atau Subway Surfers. Anda masih dapat dapat menikmatinya dengan nyaman.

Semakin penasaran, Mobitekno mencoba HTC Desire 620G Dual Sim untuk memainkan beberapa game berat, seperti Real Racing 3 dan Asphalt 8: Airborne. Hasilnya, game yang dimainkan terasa kurang optimal dan sedikit mengalami lag. Tak hanya itu, dukungan baterai berkapasitas 2100 mAh juga terasa kurang memadai.

Saatnya menguji smartphone ini menggunakan software benchmark! Tak tanggung-tanggung, Mobitekno menguji HTC Desire 620G Dual Sim dengan enam software benchmark yang semuanya tersedia gratis di Google Play Store. Keenam software tersebut adalah AnTuTu Benchmark, 3D Mark Ice Storm Extreme, PC Mark Work Performance, PC Mark Battery Test, Geekbench 3 dan GFX Bench.

Hasilnya dapat Anda lihat di bawah ini:

Kamera & Video Recording

Seperti telah disebutkan sebelumnya, HTC Desire 620G Dual Sim telah dibekali dengan kamera utama 8MP dan kamera depan 5MP. Menyinggung dukungan aplikasi Camera yang ada, HTC juga memuat beragam fitur menarik di dalamnya. Tak hanya sekadar memotret sebuah objek, aplikasi Camera juga dapat digunakan untuk video recording.

Mulai dari fitur Gesture Capture, HDR dan pengaturan Flash Light dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. HTC pun menyediakan beberapa opsi mode pemotretan yang dapat diakses dengan cepat, antara lain Normal, Live Photo, Face Beauty dan Panorama. Semua itu tersedia di halaman muka aplikasi Camera.

Dari beberapa opsi mode pemotretan yang ada, Face Beauty sepertinya sangat digemari oleh para penggila foto selfie. Mengapa? Mode ini mampu menyajikan hasil tangkapan dengan ‘Wrinkle Removal’ yang dapat menghilangkan kerutan pada wajah, ‘Whiten’ yang akan meningkatkan warna putih sebuah kulit, dan ‘Shape’ yang akan mengubah bentuk wajah. Sangat menarik!

Untuk hasil tangkapan foto, HTC Desire 620G Dual Sim ini dapat menghasilkan kualitas gambar dengan resolusi hingga 3264 x 2448 piksel. Selain berfungsi untuk memotret sebuah objek, smartphone ini juga dapat Anda gunakan sebagai alat video recording. HTC Desire 620G Dual Sim mampu menghasilkan video dengan kualitas Full HD @30 fps.

Hasil pemotretan menggunakan HTC Desire 620G Dual Sim:

 

Spesifikasi

Ukuran layar 5 inci
Sistem Operasi Android 4.4.4 KitKat
Prosesor Mediatek MT6592 Octa-core 1.7 GHz Cortex-A7
GPU Mali-450MP4
Kamera 8 MP (belakang) 3264 x 2448 pixels autofocus, 1080p@30fps; 5 MP (depan) 1080p
RAM 1 GB
Storage 8 GB
Jaringan GSM / HSPA
Kartu SIM Dual microSIM Card
Komunikasi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Hotspot, Bluetooth 4.0, GPS, Micro USB
Baterai Li-Po 2100 mAh

 

Kesimpulan

HTC Desire 620G Dual Sim hadir dengan desain yang menarik dan terlihat lebih memanjang. Hal ini terbilang wajar dari imbas adanya bezel dan frame pada sisi atas dan bawah smartphone yang cukup tebal. Secara keseluruhan, smartphone ini terlihat menarik dengan kombinasi list berwarna abu-abu pada framenya. HTC juga menyediakan varian kombinasi warna lainnya, seperti putih dan abu-abu.

Bentang layar 5 inci juga mampu menampilkan gambar yang cukup tajam meskipun baru menggunakan layar LCD Capacitive dengan resolusi 720 x 1280 dan kerapatan layar hingga 294 ppi. Tidak seperti yang ditawarkan oleh brand lain dikelasnya yang sudah menggunakan layar IPS LCD.

Daya tarik lainnya, HTC Desire 620G Dual Sim juga sudah dibekali dengan kamera utama 8MP plus LED Flash Light. Tak hanya itu, HTC juga melengkapi dengan aplikasi Camera yang sudah ditunjang dengan beragam fitur menarik di dalamnya. Dukungan kamera depan 5 MP juga cocok untuk para penggila foto selfie.

Secara keseluruhan, HTC Desire 620G Dual Sim masih dapat dikatakan mampu bertarung di pasar smartphone kelas menengah dengan rentang harga Rp 2 juta hingga Rp 3 juta. Penggunaan prosesor 8 inti milik MediaTek tentu bisa menjadi daya tariknya, walaupun RAM yang digunakan terbilang kecil, yakni hanya 1 GB.

Kekurangan lainnya, HTC masih mengemas smartphone seri Desire dengan material plastik, termasuk HTC Desire 620G Dual Sim. Kendalanya, saat smartphone ini digenggam dengan tangan yang basah atau berkeringat, akan terasa licin. Tak hanya itu, HTC juga menyematkan kapasitas baterai yang terbilang kecil, yakni hanya 2100 mAh.

Tags: , , , ,


COMMENTS