December 8, 2015

Oppo R7s: Smartphone Perdana Oppo dengan RAM 4 GB Hadir di Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Oppo R7s: Smartphone Perdana Oppo dengan RAM 4 GB Hadir di Indonesia  

MOBITEKNO – Oppo menambah lagi satu varian smartphone R7 series-nya di penghujung tahun 2015 ini. Setelah Oppo R7, R7 Plus, R7 lite, kini hadir R7s sebagai smartphone pertama Oppo yang dilengkapi dengan RAM (memori) berkapasitas 4 GB (berjenis LPDDR3).

Smartphone dengan RAM 4GB sudah banyak beredar di luar pasar Indonesia. Sebut saja, seperti Asus Zenfone 2, OnePlus 2, Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy S6 Edge+, Xiaomi Mi Note Pro, Lenovo K80, Motorola Moto X 2015, LG V10, hingga ZTE Nubia Z9 Exclusive Edition.

Namun, penampakan smartphone RAM 4GB di Indonesia baru diwakili oleh Asus Zenfone 2, Samsung Galaxy Note 5, dan Samsung Galaxy S6 Edge+. Sebenarnya masih ada satu produk smartphone lainnya, yaitu OnePlus 2 yang sayangnya batal datang karena persoalan jadwal sertifikasi.

Padankan RAM 4 GB dengan SoC mid-range Qualcomm Snapdragon 615/616

Berbeda dengan vendor lainnya yang memasangkan RAM 4 GB pada smartphone dengan prosesor high-end (Qualcomm n 810/808, Exynos 7420 , atau Intel Z3580), Oppo lebih memilih memasangkan RAM 4 GB dengan prosesor/SoC kelas mid-range, yaitu Snapdragon 615 (8 core Cortex-A53 CPU) atau Snapdragon 616 (core clock lebih tinggi)

Menurut penjelasan Ivan Lau, CEO Oppo Indonesia, selain menjaga harga jualnya relatif terjangkau bagi konsumen di Indonesia, karakteristik pengguna smartphone di Indonesia lebih membutuhkan smartphone dengan RAM (memori) yang besar dibandingkan prosesor yang cepat.

Ivan Lau juga memberikan konfirmasinya bahwa harga jual Oppo R7s di Indonesia sengaja dipatok lebih rendah ketimbang harga jual di negara asalnya (Cina). Pertimbangannya adalah demi menjaga animo konsumen Oppo di Indonesia yang relatif tinggi.

Oppo R7s berlayar 5.5 inci (AMOLED, Full-HD 1920×1080 pixel) ini telah diperkuat dengan teknologi proteksi layar Gorilla Glass 3. Selain diperkuat SoC octa core Qualcomm Snapdragon 615 dan RAM 4G, Oppo R7s pun telah menyediakan internal storage berkapasiats 32 GB.

Seperti beberapa smarpthone terbaru saat ini, R7s juga menyediakan slot hybrid SIM dan microSD card (mendukung hingga 128 GB). Jadi, pengguna bisa memilih menggunakan dua slot tersebut untuk dua SIM card atau satu SIM card dan satu MicroSD.

Dukung Beragam Frekuensi Band 4G LTE dan VOOC Flash Charge

Oppo R7s juga dirancang siap digunakan di berbagai jaringan provider/operator 4G LTE, mulai dari frekuensi band 1 (2100 MHz), 3 (1800 MHz), 5 (850 Nhz), 7 (2600 MHz), 8 (900 MHz), hingga band TDD-LTE 40 (2300 MHz). Jadi, para pengguna R7s dijamin bisa melakukan komunikasi suara dan data secara optimal terlepas dari teknologi operator 4G LTE yang digunakannya.

Seperti smartphone premium Oppo lainnya, R7s juga dilengkapi dengan teknologi VOOC Flash Charge (teknologi proprietary fast charging Oppo). Dengan VOOC, pengisian ulang (charging) baterai berlangsung sangat cepat, bahkan tercepat di antara smartphone yang ada saat ini.

Menurut Oppo, cukup dengan men-charging-nya selama 5 menit, baterai R7s dengan kapasitas 3.070 mAh tersebut sudah bisa digunakan kembali untuk melakukan pembicaraan (voice call) selama 2 jam.

Suwanto, Public Communication Oppo Indonesia, juga menambahkan bahwa proses charging selama waktu 40 menit sudah hampir mengisi baterai secara penuh (hingga 90 persen). Fitur ini tentunya bermanfaat bagi pengguna smartphone yang enggan membawa power bank saat beraktivitas seharian di luar ruangan.

Color OS 2.1 dan Kamera dengan Fokus Cepat 0,1 detik

Oppo R7s dengan sistem operasi ColorOS2.1 (berbasis Android 5.1) diklaim bisa mengoptimalkan aktivasi start aplikasi. Menurut mereka, sart aplikasi hanya membutuhkan waktu hanya 311 milidetik.

Berkaitan dengan eksteriornya, R7s relatif sama dengan seri R7 lainnya dalam mengadopsi konsep desain unibody berbahan brushed metal alloy. Perbedaannya dengan R7 Plus terletak pada absennya fitur fingerprint sensor.

Bodinya yang tipis (hanya 6.95 mm) semakin ‘ditegaskan’ Oppo dengan bezel tipis pada layar (2.2 mm) dan penerapan 2.5D glass pada layar.

Selain kapasitas RAM 4G, Oppo juga mengandalkan fitur kamera pada R7s. Smartphone ini memiliki kamera utama 13 MP dan lensa Schneider Kreuznach dengan aperture f/2.2) yang didukung mekanisme Phase Detection Auto Focus (PDAF) dan Anti-Shake Optimization.

Tidak kalah menariknya adalah kamera depan (sefie) 8 MP yang didukung yang teknologi Screen Flash (untuk pemotretan minim cahaya) dan lensa dengan aperture f/2.4.

Oppo R7s akan ditawarkan dalam dua pilihan warna, Gold dan Rose Gold. Keduanya akan dijual seharga Rp 4,99 juta dan sudah mulai dipasarkan pada tanggal 10 Desember 2015 di toko online ofanstore.co.id dan di toko offline OPPO Store serta toko-toko lainnya.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS