June 8, 2015

Better Re, Ubah Baterai Bekas Ponsel Jadi Power Bank

Penulis: Eko Lannueardy
Better Re, Ubah Baterai Bekas Ponsel Jadi Power Bank  

MOBITEKNO – Anda memiliki ponsel lama yang masih mengadopsi penggunaan baterai bisa dilepas atau removeable? Ada baiknya, jangan dibuang. Inovasi menarik diperlihatkan oleh Enlighten, startup asal Korea Selatan yang mengembangkan power bank dari baterai ponsel bekas dalam sebuah proyek di Kickstarter yang di beri nama Better Re.

Kiyong Shin, CEO sekaligus Founder Enlighten menegaskan dalam pemaparannya di Kickstarter bahwa rata-rata baterai bekas yang digunakan selama dua tahun masih memiliki kapasitas energi yang cukup besar, yakni sekitar 80%. Artinya, baterai tersebut masih bisa dimanfaatkan dan tidak boleh dibuang di sembarang tempat.

Better Re bertujuan mengambil baterai tersebut dan mengubahnya menjadi sumber daya eksternal yang bermanfaat bagi banyak orang, misalnya dijadikan power bank untuk smartphone. Tak hanya itu, pemanfaatan baterai bekas ini juga menjadi bukti nyata Enlighten untuk melakukan aksi menjaga lingkungan.

Tertarik untuk mendukung aksi ini? Anda bisa membantu mereka untuk berdonasi sebesar US$39. Imbalannya, mereka akan memberikan Anda satu unit Better Re serta sebuah kabel USB. Paket donasi lainnya yang disediakan oleh pengembang Better Re sangat beragam, mulai dari US$44 hingga US$5000.

Hingga saat ini, donasi yang berhasil dikumpulkan telah mencapai lebih US$60 ribu dari rencana sebesar US$50 ribu dengan penyumbang sebanyak 675 donatur. Di Kickstarter, pengembangan Better Re tinggal 42 jam lagi dan mereka menjanjikan untuk mendistribusikan perangkat tersebut ke tangan penggunanya paling lambat November 2015.

Sumber: Kickstarter

 

Tags: , , ,


COMMENTS