November 7, 2015

Ulang Tahun Ke-16, KASKUS Benahi Forum Jual Beli

Penulis: Eko Lannueardy
Ulang Tahun Ke-16, KASKUS Benahi Forum Jual Beli  

MOBITEKNO – Menginjak usianya yang ke-16, KASKUS terus membuat gebrakan. Kali ini, komunitas online terbesar di Indonesia merilis beberapa fitur baru sebagai pendukung kanal Jual Beli atau Forum Jual Beli (FJB) yang dimilikinya. Fitur baru yang dihadirkan adalah Verified Seller, Regular Seller dan BranKas.

Pengenalan seluruh fitur baru tersebut oleh KASKUS dikemas melalui social movement "MAR16ERAK" (Mari Gerak) yang sejalan dengan identitasnya sebagai social commerce. Harapannya, seluruh fitur yang dihadirkan bisa lebih memberi rasa aman dan nyaman bagi penggunanya, terutama bagi mereka para penjual dan pembeli di KASKUS.

Dihadapan sejumlah media di kantornya di Jakarta, (6/11) Ardyanto Alam selaku VP-Head of Product Management KASKUS menegaskan bahwa pencapaian KASKUS di tahun ke-16 ini tidak terlepas dari dukungan dan loyalitas penggunanya (Kaskuser). Oleh karena itu, hadirnya fitur baru tersebut diharapkan mampu menyajikan rasa nyaman untuk mereka.

"Kenyamanan para Kaskuser merupakan prioritas kami. Hal itulah yang mendorong semua tim yang ada di KASKUS untuk mengembangkan beberapa fitur yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini juga bukti komitmen kami untuk terus menghadirkan inovasi-inovasi yang berkesinambungan," ujar Ardyanto.

Penasaran dengan pengertian dari ketiga fitur yang dihadirkan? Lewat presentasinya, Ardyanto menjelaskan bahwa fitur pertama, yakni Verified Seller (VSL) adalah tag khusus (badge) bagi para penjual di KASKUS yang telah terdaftar dan terverifikasi oleh KASKUS. Untuk mendapatkan VSL, para penjual diminta untuk mengirimkan data yang lengkap, mulai dari KTP/SIM hingga NPWP.

Sedangkan Regular Seller (RSL) merupakan fitur yang tak berbeda jauh dengan Verified Seller. Hanya saja, data diri para penjual yang diminta oleh KASKUS tidak selengkap VSL. Selain itu, juga akan dibedakan dengan tidak mendapatkan badge. Namun, para RSL tetap bisa menggunakan fasilitas BranKas.

Terakhir adalah fitur BranKas. Ardyanto menegaskan bahwa fitur ini sengaja dihadirkan hasil dari pengembangan Rekening Bersama (RekBer). Fitur baru yang ada di Forum Jual Beli ini diharapkan bisa menjadi jembatan transaksi yang efektif bagi para pembeli dan penjual.

Menariknya, kehadiran fitur BranKas juga sudah menggandeng salah satu bank ternama di Indonesia. Jadi, para pengguna tak perlu khawatir dengan segala proses yang berlangsung. Ardyanto juga menambahkan bahwa fitur ini juga dilengkapi dengan Merchant Dashboard, Jasa Pengiriman, Feedback System dan Resolution Centre.

Untuk melengkapi semua fitur baru yang dihadirkan, KASKUS juga meluncurkan aplikasi mobile khusus Jual Beli. Walaupun masih tahap Beta, aplikasi ini bertujuan untuk memenuhi keinginan Kaskuser sehingga akses Jual Beli dapat lebih cepat diakses. Saat ini, aplikasi mobile tersebut tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS