September 7, 2015

Review: WD My Passport Ultra 2 TB Wild Berry

Penulis: Desmal Andi
Review: WD My Passport Ultra 2 TB Wild Berry  

MOBITEKNO – Hadir dengan ukuran yang kompak, ringan, dan warna-warni ceria, hard disk eksternal WD My Passport Ultra ini bisa menjadi solusi untuk backup data yang Anda miliki. Kapasitasnya yang mencapai 2 TB juga cukup lega untuk menyimpan berbagai jenis file, mulai dari data pribadi, pekerjaan, hingga film-film koleksi Anda yang memiliki resolusi tinggi.

Ada empat warna yang disediakan Western Digital untuk tipe hard disk ini. Mobitekno mendapatkan hard disk berwarna Wild Berry untuk review ini dan sempat mendapat perhatian saat digunakan untuk men-transfer data di sebuah Convenience Store di bilangan Jakarta Barat. WD memang menyajikan warna-warna unik untuk produk ini. Selain Wild Berry, tiga warna lainnya adalah Classic Black, Brilliant White, dan Noble Blue.

Kelengkapan

WD My Passport Ultra 2 TB dikemas dalamsebuah kotak yang sederhana dan kompak. Dengan paduan warna biru dan putih, komponen hard disk disimpan dan dilindungi dalam sebuah plastik. Penampilan hard disk juga menyembul dalam boks kemasannya sehingga sebagian tampilan fisiknya dapat dilihat saat hard disk ini dipajang di etalase toko.

Buka boks kardusnya dan tarik kemasan plastiknya. Buka dan keluarkan hard disk dari dalam. Selain unit hard disk, di dalam kemasannya juga terdapat kabel USB 3..0 micro B untuk proses transfer data dan lembar ketentuan garansi untuk produk ini. Selengkapnya, paketnya berisi:

  1. Unit hard disk berkapasitas 2 TB
  2. Kabel data USB 3.0 Micro B
  3. Buku kecil informasi produk dan garansi.
  4. Empat aplikasi yang sudah ada di dalam hard disk.

Desain

Hard disk portabel dari WD ini memiliki desain yang cukup kompak sehingga nyaman untuk dipegang. Bagian atasnya terbuat dari lapisan plastik berwarna cerah mengkilat. Sementara bagian bawah dan sisi-sisnya juga terbuat dari plastik dengan warna hitam. Ada empat karet kecil yang menempel di bagian bawah yang berfungsi untuk tatakan hard disk saat ditempatkan di sebuah meja.

Di sisi kanan, terdapat port USB 3.0 Micro B untuk koneksi kabel data. Bentuknya yang kompak dan ringan ini memudahkan pengguna untuk membawanya kemanapun pergi. Bahkan, ukurannya ini masih dapat masuk ke dalam saku celana.

Untuk kabel data, WD My passport Ultra menggunakan USB 3.0 Micro B yang dapat men-transfer data dengan waktu cepat, tanpa khawtir kekurangan daya listrik.

Sedikit tips dari Mobitekno, karena bagian atasnya terbuat dari lapisan plastik mengkilap, ada baiknya lindungi hard disk dari gesekan-gesekan dengan sebuah kantung kain atau tas kecil khusus untuk hard.

 

Fitur & Performa

Untuk kemudahan penggunaan, di dalam hard disk ini sudah disertakan berbagai aplikasi untuk kebutuhan backup, keamanan, dan manajemen hard disk. Install aplikasi tersebut ke dalam PC atau notebook Anda yang sering berinteraksi dengan hard disk portabel WD ini.

Untuk proses backup, ada beberapa opsi yang bisa digunakan untuk mem-backup data dan file Anda. Anda bisa menentukan satu atau beberapa folder yang ingin di-backup dan secara reguler proses backup akan terus berjalan sesuai dengan waktu yang Anda tetapkan.

Proses backup melalui aplikasi WD Backup ini juga cukup cepat. Proses backup bisa diatur durasinya berdasarkan jam, hari, atau bulanan.

Sementara WD Security bisa dimanfaatkan untuk menjaga data dengan sebuah password yang Anda tetapkan di awal. Namun awas! Jangan sampai lupa dengan password-nya karena WD tidak memberikan solusi lain jika Anda lupa password. Akibatnya, data pun akan hilang secara permanen.

Satu lagi aplikasi yang terintegrasi adalah WD Drive Utilities. Fitur ini memiliki fungsi untuk merawat hard disk seperti Anda merawat hard disk di notebook. Di sini Anda bisa menjumpai fitur diagnosis disk seperti Quick drive Test atau Drive Status Check. Ada juga fungsi otomatisasi dalam Sleep Timer. Hard disk akan mati dalam durasi waktu yang Anda tentukan. Yang terakhir adalah Drive Erase. Sesuai dengan namanya, fungsi ini akan menghapus data dalam hard disk secara permanen.

Di luar aplikasi tersebut, WD My Passport Ultra juga bisa digunakan dengan metode biasa, yaitu proses copy paste dari Windows Explorer. Proses copy dengan Windows Explorer untuk file sebesar 4 GB dari notebook ke hard disk portabel bisa mencapai 54 MB/s. Sementara proses sebaliknya (tulis) dari hard disk portabel ke dalam notebook bisa mencapai rata-rata 45 MB/s.

Spesifikasi

WD My Passport Ultra 2 TB memiliki dimensi yang kompak, baik dari lebar, panjang, maupun tebalnya. Dengan demikian, hard disk ini masih dapat dibawa di saku celana. Warnanya yang tampil ceria pun turut menambah daya tarik hard disk ini bagi para penggunanya.

Spesifikasi lengkap hard disk ini sebagai berikut:

Tipe Hard Disk 2.5-inch external USB hard drive
Konektor USB 3.0 Micro B
Kapasitas 2TB
Dimensi 81,5 mm x 15,8 mm x 110 mm
Weight +/- 230 gram
OS Windows dan Mac
Software WD SmartWare Pro, WD Utility, WD Security, WD backup

 

Kesimpulan

Dengan ukurannya yang kompak, sekali lagi, WD My Passport Ultra ini mudah di bawa kemanapun Anda pergi. Empat pilihan warna yang menarik juga menambah penampilan hard disk buatan WD ini dibandingkan produk lain yang biasanya tampil sederhana.

Kelemahannya ada pada lapisan plastik luar yang membungkus bagian atas hard disk. Dengan warna yang menyolok dan mengklap, rasanya sayang jika permukaan terlihat tergores atau kusan. Padahal, bahan plastiknya ini mudah untuk tergores dari benda lain di sekitarnya. Ada baiknya gunakan pelindung lain atau case yang dapat melindungi permukaan hard disk.

Penggunaannya juga cukup mudah. Dengan bantuan aplikasi-aplikasi yang disediakan di dalam hard disk, Anda bisa melakukan proses backup atau restore dengan mudah dan cepat. Prosesnya juga bisa diotomatisasi dalam durasi waktu tertentu sehingga Anda tidak perlu takut kehilangan data di PC maupun di notebook.

Tags: , ,


COMMENTS