December 5, 2015

Pengguna Twitter di Surabaya Paling Aktif Berkicau Seputar Pilkada 2015

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pengguna Twitter di Surabaya Paling Aktif Berkicau Seputar Pilkada 2015  

MOBITEKNO – Keramaian menjelang Pilkada 2015 bukan hanya terjadi di banyak daerah Indonesia. Seperti juga menjelang pemilihan presiden 2014, kicauan para netizen, calon kepala daerah, dan pendukungnya juga giat berinteraksi melalui beragam media sosial di dunia maya.

Pengguna Twitter yang jumlahnya di Indonesia telah menebus angka 50 juta ini juga menyambut Pilkada 2015 secara antusias. Twitter dianggap menjadi ‘wahana’ digital ideal bagi publik untuk menyuarakan opini, respons, input, atau lainnya secara real time di Internet.

Tingginya interaksi antara pengguna, kandidat, serta lembaga-lembaga lainnya yang terlibat tercermin pada jumlah percakapan #Pilkada2015. Menurut rilis resmi yang diterima dari Twitter, tercatat lebih dari 450 ribu tweet yang berkaitan dengan momen penting tersebut.

Menjelang #Pilkada2015, pengguna Twitter di Indonesia semakin terlibat satu sama lain. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku kampanye untuk terlibat dalam percakapan real time serta berinteraksi pada forum diskusi dalam menanggapi berbagai masukan langsung dari masyarakat.

Twitter telah menjadi platform di mana masyarakat dan pelaku kampanye bertemu dan dapat dimanfaatkan sebagai tool of empowerment bagi masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke untuk menyuarakan pendapat dan mengusung perubahan sosial positif.

Berdasarkan data Twitter, Surabaya menduduki urutan pertama sebagai kota yang paling banyak membicarakan #Pilkada2015 dan pasangan calon walikota asal Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany dan Benyamin Davnie, menjadi pasangan calon yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

Paangan lainnya yang juga banyak dibicarakan adalah pasangan calon walikota Surabaya, yaitu Tri Rismaharini dan pasangan calon walikota Tangerang Selatan lainnya, Whisnu Sakti Buana dan H. Arsid dan Elvier Ariadiannie Soedarto Poetri.

Kedewasaan para netizen dalam menggunakan Twitter juga mulai tampak. Proporsi sentimen positif secara signifikan lebih tinggi dari sentimen negatif. Hal ini menunjukan, bahwa pengguna Twitter telah menggunakan media sosial sebagai wadah diskusi positif pada momen #Pilkada2015.

Informasi lebih lengkap mengenai percakapan #Pilkada2015 dapat Anda jumpai di blog Twitter Indonesia.

 

 

Tags: , ,


COMMENTS