November 5, 2015

Penuhi Regulasi TKDN, Lenovo Akhirnya Punya Pabrik di Indonesia

Penulis: Eko Lannueardy
Penuhi Regulasi TKDN, Lenovo Akhirnya Punya Pabrik di Indonesia  

MOBITEKNO – Lenovo, produsen perangkat teknologi ternama asal Tiongkok terus menunjukkan komitmennya di pasar global, tak terkecuali di Indonesia. Kali ini, mereka membuktikannya dengan memulai pabrikasi smartphone di Serang, Banten. Hal tersebut diumumkan secara langsung oleh Chen Xudong, President MBG Group, Lenovo di Jakarta, (4/11).

Bermitra dengan PT Tridharma Kencana (TDK), Lenovo akan memiliki tiga lini pabrikasi dengan kapasitas produksi 75 ribu hingga 150 ribu unit per bulan atau 1,5 juta unit per tahun. Hadirnya pabrikasi ini juga sebagai keseriusan Lenovo di Indonesia untuk memenuhi peraturaan tingkat kandungan lokal sebesar 20 persen.

"Di Indonesia, Lenovo telah beroperasi selama 10 tahun. Kini saatnya kami lebih optimal untuk melayani pasar dalam negeri. Inisiatif pabrikasi lokal ini dimungkinkan karena Indonesia memiliki beberapa talenta yang berkompeten dalam jumlah besar. Tak hanya itu, Indonesia juga menjadi pasar yang strategis bagi Lenovo," ujar Chen Xudong.

Hal senada juga ditegaskan oleh Adrie R. Suhadi, Country Lead, Smartphone Division, Lenovo Indonesia di hadapan sejumlah media. Ia mengatakan bahwa hadirnya pabrikasi Lenovo di Indonesia dilatarbelakangi dari pengumuman pemerintah Indonesia mengenai regulasi TKDN.

"Lenovo merasa bangga bisa menjadi salah satu perusahaan global pertama yang mematuhi regulasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Hal ini juga menjadi komitmen kami untuk melayani pasar dalam negeri dengan produk-produk Made in Indonesia. Dengan begitu, konsumen nantinya bisa turut merasakan hadirnya teknologi kelas dunia dengan harga terjangkau," ujar Adrie.

Setidaknya ada dua model smartphone yang akan diproduksi untuk pertama kali oleh Lenovo lewat pabriknya di Serang, Banten. Kedua smartphone tersebut adalah Lenovo A6010 dan A2010. Menariknya, selain dijanjikan akan dijual dengan harga terjangkau, keduanya juga sudah mengadopsi teknologi 4G.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS