October 5, 2015

Satu Lagi BTS 3G XL Berdiri di Pulau Simeulue

Penulis: Eko Lannueardy
Satu Lagi BTS 3G XL Berdiri di Pulau Simeulue  

MOBITEKNO – XL terus berkomitmen untuk memperbesar kontribusi bagi masyarakat melalui layanan telekomunikasi dan digital yang dimilikinya. Salah satu langkah yang ditempuh adalah membangun dan mengoperasikan infrastruktur di daerah terpencil dan perbatasan, termasuk pulau-pulau terluar di Indonesia.

Sebagai implementasinya, XL menambah infrastruktur jaringan dan internet di Pulau Simeulue, Nanggroe Aceh Darussalam. Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, meresmikan secara langsung infrastruktur tersebut, Sabtu (3/10). Turut hadir Komandan Pangkalan TNI AL, Letkol Laut (KH) Elfand, dan Presiden Presiden Direktur XL, Dian Siswarini.

Dian Siswarini menegaskan bahwa ini merupakan komitmen XL sebagai bagian peringatan HUT XL ke-19 yang jatuh di Oktober 2015 ini. XL sendiri sudah melayani warga Simeulue sejak September tahun 2008 lalu dan infrastruktur ini juga sebagai jembatan untuk pembangunan ke daerah-daerah terpencil, termasuk pulau-pulau terluar.

"Harapannya, penambahan BTS 3G di sana selain akan membantu masyarakat untuk mampu lebih terjembatani dalam mengakses informasi, juga akan bisa mendukung promosi daerah. Pulau yang memiliki jumlah penduduk kurang dari 90 ribu jiwa tersebut memiliki sejumlah potensi besar, antara lain di bidang pariwisata," ujar Dian.

Sementara itu, BTS yang diresmikan Menkominfo persisnya berlokasi di lingkungan Makolanal Simeulue, yang ditopang pada menara setinggi 30 meter. Dengan BTS baru ini, masyarakat di area Kecamatan Simeulue Timur, tepatnya di Desa Lugu akan bisa mengakses layanan XL, termasuk layanan data dan internet dengan lebih cepat.

Di pulau yang berjarak sekira 150 Km di Samudera Hindia, lepas pantai Aceh Selatan tersebut, XL kini memiliki tiga BTS 3G dan dua BTS 2G. Koneksi untuk layanan di pulau itu dilakukan dengan menggunakan satelit. Pada acara ini, XL juga memberikan donasi atau bantuan kepada SMA Negeri 1 Simeulue, Pangkalan TNI AL Simeulue dan warga setempat.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS