October 5, 2015

Meski Ditinggal Desainer CPU-nya, Rilis CPU AMD Zen Tetap Sesuai Jadwal

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Meski Ditinggal Desainer CPU-nya, Rilis CPU AMD Zen Tetap Sesuai Jadwal  

MOBITEKNO – Keluarnya figur penting dalam pengembangan produk suatu perusahaan biasanya sedikit banyak akan mempengaruhi jadwal rilis produk tersebut. Namun, tidak demikian halnya dengan keluarnya arsitek CPU legendaris, Jim Keller, dari AMD yang sedang mempersiapkan kehadiran CPU terbaru AMD yang berbasis mikroarsitektur Zen.

Zen bakal menjadi mikroarsitektur andalan AMD I masa mendatang seperti yang pernah diungkapkan mereka di ajang Financial Analyst Day 2015 pada awal tahun ini. Menurut AMD, core CPU x86 Zen akan membawa peningkatan IPC (instruction per clock) hingga 40% dibandingkan core pendahulunya, “Excavator”.

Meskipun belum sepenuhnya dikonformasi AMD, peningkatan performa core CPU x86 Zen hingga 40% ini bisa terwujud berkat beberapa faktor. Misalnya, adanya penggandaan floating point pipes, pengoptimalan dalam penanganan mispredicted branches, dan cache sub-system.

Namun, kabar mengenai keluarnya perancang CPU legendaris Jim Keller yang bergabung kembali dengan AMD pada tahun 2012 lalu cukup menimbulkan spekulasi bahwa AMD akan mengalami kendala dalam pengembangan mikroarsitektur Zen.

Keberhasilan Keller dalam urusan desain mendesain chip sudah cukup teruji. Salah satunya, seperti keterlibatannya dalam arsitektur CPU AMD K7 dan K8, spesifikasi X86-64, dan interkoneksi HyperTransport. Keller pun berkontribusi dalam desain SoC Apple (A4 dan A5) sewaktu bekerja di Apple sebelum bergabung kembali di AMD pada tahun 2012.

Berkaitan dengan kepergian Jim Keller dari AMD ini, Ryan Sim, Component Sales Director AMD for ASEAN, memberikan konfirmasi tentang rilis Zen yang tidak berubah alias sesuai jadwal sebelumnya saat menghadiri AMD Media Day ’15 di Cisarua, Jawa Barat (1/10/2015).

Ryan, yang optimis dengan peluang pasar produk prosesor/CPU dan GPU AMD di tengah-tengah stagnannya pasar PC global mengatakan bahwa pengembangan Zen saat ini telah memasuki iterasi kedua jadi roadmap Zen sudah ditetapkan akan hadir pada kuartal ke-4 tahun 2016.

Menurut Ryan, tanpa mengesampingkan peran Jim, AMD menganggap satu figur saja tidak akan mendefinisikan suatu perusahaan. Tim untuk pengembangan Zen sudah solid dan siap bekerja sesuai jadwal yang ditentukan.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS