November 4, 2015

Terungkap, Seberapa Luas ‘Wabah’ Selfie di Kalangan Muda!

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Terungkap, Seberapa Luas ‘Wabah’ Selfie di Kalangan Muda!  

MOBITEKNO – Kebiasaan melakukan potret diri atau selfie, baik dilakukan sendiri atau bersama di kalangan muda-mudi saat ini cukup fantastis. Hal ini tercermin dari hasil studi yang dilakukan oleh perusahaan semikonduktor Intel dan sebuah startup digital Lineage Labs belum lama ini.

Kata selfie yang penggunaannya mulai terdengar sekitar tahun 2002 akhirnya menjadi istilah yang sangat populer di seluruh dunia hingga satu dekade berikutnya. Kepopuleran istilah tersebut akhirnya membuat majalah Time mempertimbangkan kata selfie sebagai satu dari sepuluh istilah terpopuler (top 10 buzzwords) pada tahun 2012.

Kini, sejauh mana ‘wabah’ selfie tersebut ‘menjangkiti’ generasi millennia (generasi kelahiran tahun 1990 – 2000) sekarang ini? Berdasarkan hasil Intel dan Lineage Labs tersebut, diketahui para anak muda melakukan aktivitas selfie rata-rata sebanyak lebih dari 2 ribu kali dalam kurung waktu setahun.

Hasil riset ini juga bisa menunjukan bahwa mereka melakukan aktivitas selfie sebanyak enam kali setiap harinya. Riset dilakukan dengan melibatkan seribu responden kaum muda di AS yang berusia di atas 18. Setengah dari semua responden mengakui setidaknya sekali mengklik tombol fungsi foto selfie setiap harinya.

Selebihnya mengaku melakukan sekali selfie setiap minggu atau setiap hari. Pada ponsel pengguna rata-rata usia 18 hingga 24 tahun juga ditemukan bahwa 16 persen foto yang ada di dalam merupakan foto selfie.

Studi ini tidak mengungkapkan lebih jauh sejauh mana kebiasan ini ‘mewabah’ di kalangan pengguna pria dan wanita, meskipun dugaan kasarnya mungkin sudah bisa ditebak.

Sumber: IANS

 

Tags: , ,


COMMENTS