May 3, 2015

Indonesia Akan Serius Menerapkan Robot Aplikatif

Penulis: Desmal Andi
Indonesia Akan Serius Menerapkan Robot Aplikatif  

MOBITEKNO – Teknologi robot aplikatif dapat membantu masyarakat Indonesia dalam banyak hal. Inilah topik yang diangkat dalam sebuah seminar nasional mengenai robotika yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro Politeknik Negeri Banjarmasin bekerjasama dengan Komunitas Robot Indonesia.

Seminar yang diselenggarakan pada hari Minggu pagi, 3 Mei 2015 di gedung Polibon, Banjarmasin, memiliki tujuan untuk mengajak anak-anak muda Indonesia untuk lebih kreatif dan berinovasi melalui dunia robot. “Komunitas Robotika Indonesia akan lebih serius mengembangkan teknologi robot yang aplikatif untuk masyarakat. Kami ingin membuat teknologi saat ini lebih dekat dengan manusia” ungkap Rachmat Tri Jaya, pembicara dari Komunitas Robot Bandung kepada para peserta yang hadir.

Adiatmo Rahardi, Ketua Komunitas Robot Indonesia yang juga hadir dalam acara tersebut sangat mendukung kegiatan yang dapat memicu kreativitas baru dari anak-anak muda di Indonesia. “Pertumbuhan industri dalam negeri harus dibarengi dengan kemandirian kita dalam infrastruktur industrinya, salah satunya dengan robot yang membantu di berbagai industri. Sudah saatnya robot-robot tersebut ditangani langsung oleh anak-anak Indonesia,” ujar Adiatmo.

Dalam seminar yang disertai dengan pelatihan robotika tersebut, Rachmat juga memberikan contoh robot-robot  yang sudah dipakai oleh masyarakat luas, seperti drone, robot pengepel lantai, robot pencuci mobil dan banyak lagi.



COMMENTS
OTHER ARTICLES