May 3, 2015

Apple Patenkan Aplikasi Navigasi "Humanis" Buatannya

Penulis: Desmal Andi
Apple Patenkan Aplikasi Navigasi "Humanis" Buatannya  

MOBITEKNO – Sistem navigasi sudah menjadi kelengkapan standar dalam kendaraan masa kini. Oleh sebab itu, sistem ini selalu dikembangkan dan dibuat senyaman mungkin untuk digunakan. Akhir April lalu, Apple bahkan mematenkan apikasi navigasi buatannya yang juga disebut sistem navigasi dengan “humanized navigation instruction”.

Aplikasi ini dirancang dengan pendekatan lebih “humanis”. Aplikasi yang ada dapat membuat pengemudi seolah-olah sedang berbicara dan meminta petunjuk arah dengan manusia, bukan sebuah sistem. Dengan begitu, navigasi yang ada seperti tidak bekerja sendiri, tetapi seperti berbicara dua arah dengan penumpangnya. Sebagai contoh, nantinya sistem navigasi bisa saja memberi informasi seperti ” "Your destination is the apartment complex with the water fountain in the front." Informasi ini jelas lebih detail dan tidak membingungkan pengemudi.

Namun, guna mendapatkan informasi yang detail tersebut, Apple harus bekerja keras untuk mendapatkan objek-objek yang lebih banyak. Inilah jawaban mengapa mobil van Apple sering terlihat beberapa bulan belakangan di berbagai negara. Mobil van ini dilengkapi dengan kamera di atasnya yang dapat menangkap gambar ke semua area.  

Dengan mematenkan aplikasi buatannya ini, Apple tampaknya semakin serius dalam mengembangkan CarPlay, sistem navigasi pintar yang ditujukan untuk kendaraan roda empat.  Sistem ini juga dapat dihubungkan dengan perangkat iOS lainnya untuk menunjukkan navigasi melalui perintah suara.

 

Sumber: The Verge

Tags: ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES