October 2, 2015

Open Signal: Cakupan 4G LTE Milik Smartfren Terluas di Indonesia

Penulis: Eko Lannueardy
Open Signal: Cakupan 4G LTE Milik Smartfren Terluas di Indonesia  

MOBITEKNO – Tak kalah menarik informasi yang dijabarkan oleh Smartfren di sela-sela gelaran Employee Blitz adalah Laporan Open Signal bertajuk "The State of LTE Q3 2015". Dalam laporan tersebut menegaskan bahwa Smartfren tercatat sebagai operator telekomunikasi dengan cakupan 4G LTE terluas di Indonesia.

Dihadapan media, Jum’at (2/10) Direktur Smartfren, Roberto Saputra mengatakan bahwa Smartfren merasa bangga dengan laporan LTE Update di Kuartal Ketiga tahun ini dari Open Signal. Laporan tersebut menyebutkan bahwa cakupan 4G LTE Smartfren berada di peringkat 32 dunia atau enam kali lebih unggul dari posisi operator telekomunikasi Indonesia yang ada di bawah Smartfren.

"Menduduki posisi pertama di Indonesia untuk cakupan 4G LTE terluas, laporan ini semakin menegaskan bahwa cakupan 4G LTE yang kami kembangkan sudah menjangkau 78% area layanan Smartfren. Laporan ini juga menunjukkan posisi Indonesia yang berada di peringkat 64 dari 68 negara yang disurvei," ujar Roberto.

Open Signal merupakan aplikasi yang mengukur kekuatan sinyal dan jaringan pengguna smartphone di dunia, termasuk Indonesia. Laporan ini menarik data sample dari 325.221 pengguna LTE yang terhubung dan aktif di jaringan 4G. Open Signal mengumpulkan data pada tiga bulan lalu, antara Juni dan Agustus 2015.

Saat ini, Smartfren juga tercatat sebagai operator pertama di Indonesia yang mengimplementasikan teknologi 4G LTE Advanced (4G LTE-A). Teknologi ini memanfaatkan LTE Radio, Time Division Duplex (TDD) di frekuensi 2300 MHz dan Frequency Division Duplex (FDD) di frekuensi 850 MHz. Selain menawarkan kecepatan yang lebih tinggi, cakupannya juga lebih luas.

 

Tags: , , ,


COMMENTS