September 2, 2015

Lebih Dekat dengan Dual Clutch System

Penulis: Desmal Andi
Lebih Dekat dengan Dual Clutch System  

MOBITEKNO – Sistem transmisi otomatis yang saat ini banyak digunakan oleh mobil-mobil terbaru memiliki dua sistem kopling. Jikas sebelumnya sistem transmisi ini didominasi oleh sistem kopling tunggal (single clutch), kini mulai banyak yang menggunakan koling ganda (dual clutch). Lalu bagaimana sistem kopling ganda ini bekerja?

Dalam sebuah video Yotube yang diunggah oleh Thomas Schwenke, Anda bisa melihat dengan jelas bagaimana sistem kopling ganda bekerja. Sistem kopling ganda ini bisa lebih efisien dalam bekerja sehingga proses perpindahan gigi bisa terjadi lebih halus. Semua pergerakan kopling dalam sistem ini dikendalikan oleh komputer (ECU) kendaraan. Sistem kerjanya hapir mirip dengan kopling tunggal pada manual. Hanya saja di sistem kopling ganda ini terdapat dua set gigi yang terpisah dan pergerakannya diatur oleh ECU.

Selain itu, dua set gigi ini akan diatur dengan metode ganjil dan genap. Gigi ganjil akan diatur menggunakan kopling luar. Sementara gigi genap akan diatur oleh kopling dalam. Dengan cara ini cengkeraman terhadap gigi akan lebih maksimal dan perpindahan gigi akan menjadi lebih halus karena pergeseran gigi bisa diproses dengan lebih cepat.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat vieo lengkapnya berikut ini.

Sumber: motorauthority

Tags: , ,


COMMENTS