April 2, 2015

New Intelligent Drive BMW

Penulis: Desmal Andi
New Intelligent Drive BMW  

MOBITEKNO – Connected Car sudah menjadi pembicaraan banyak penggiat otomotif. Berbagai perusahaan otomotif pun berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi terbaru untuk Connected Car ini. Teknologi yang nantinya akan membantu pengendara dalam melakukan aktivitas di atas kendaraan ini semakin berkembang, bahkan sudah ada yang menerapkan di jalan raya, bukan percobaan lagi. Salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi ini adalah BMW. Perusahaan otomotif asal Jerman ini, belum lama ini bahkan mengembangkan perangkat in car system ke tingkat yang lebih advance. Bekerja sama dengan HERE, BMW berhasil memperkenalkan Intelligent Drive yang lebih baru. Intelligent Drive terbaru ini tidak hanya mampu membantu pengendara dalam mencari lokasi tujuan, tetapi juga memiliki fungsi yang lebih luas, seperti mencari parkir dan menentukan lokasi pengisian bahan bakar saat tangki sudah menipis. Jadi, tidak hanya berkomunikasi dengan kendaraan, Intelligent Drive terbaru dapat berkomunikasi dengan infrstruktur yang ada.

New Intelligent Drive dari BMW ini sebenarnya sudah dikembangkan bersama HERE selama 12 bulan ke belakang. Dengan HERE, BMW ingin mendapatkan pengalaman mengemudi yang lebih efisien, terutama saat memanfaatkan fungsi GPS, baik untuk perjalanan dalam kota maupun luar kota. Saat ini, apabila seseorang menggunakan GPS biasa dalam sebuah smartphone dan kemudian mengalami situaasi kritis untuk bahan bakar, banyak pengendara yang kdian mengambil smartphone-nya lalu mengubah arah yang sudah disepakati oleh system GPS untuk mencari lokasi stasiun pengisian bahan bakar.

Situasi inilah yang dimanfaatkan BMW dengan sebuah peta yang dikembangkan HERE dengan akurat. Melalui sistem navigasi di dalam dashboard, Intelligent Drive dalam sistem dapat mengukur tingkat tangki bahan bakar sebelum melakukan perjalanan. Dengan begitu, proses pemilihan rute bisa disesuaikan dengan kapasitas bahan bakar yang tersedia. Sistem pun akan langsung menunjukkan stasiun bahan bakar saat baru memilih rute sehingga pengisian ulang dapat dilakukan tanpa perlu mengubah rute yang sudah disepakati.

Fitur Intelligent Drive dari BMW juga membantu para pemilik kendaraan yang menggunakan transportasi umum lainnya, seperti bus dan kereta api. Melalui sebuah aplikasi di Android dan iPhone, rute bisa ditentukan tanpa harus masuk ke dalam kendaraan. Penentuan rute bisa dilakukan dari mana pun pemilik kendaraan berada. Jadi, saat masih di dalam transportasi umum, pemilik kendaraan bisa menentukan rute di perangkat smartphone. Rute yang ditampilkan tidak hanya untuk kendaraan, tetapi juga jalur pedestrian dari terminal bus atau stasiun kereta ke lokasi parkir kendaraan.

Teknologi ini akan lebih bermanfaat jika digunakan di dalam kota modern yang sudah dilengkapi dengan infrastruktur yang menunjang Connected Car. Dengan semakin berkembangnya teknologi cloud, koneksi tidak hanya bias dilakukan dari smartphone, tetapi juga dengan perangkat lainnya, seperti smartwatch.

Tags: ,


COMMENTS