April 2, 2015

Microsoft Hololens Menjanjikan untuk Dunia Otomotif

Penulis: Desmal Andi
Microsoft Hololens Menjanjikan untuk Dunia Otomotif  

MOBITEKNO – Pernahkah Anda menonton film Minority Report? Di film tersebut, Tom Cruise dengan mudahnya mengatur strategi dengan hanya menggunakan dua tangan. Data yang satu digeser dengan mudah ke storage lainnya hanya dengan menunjuk dan menggesernya  melalui tangan. Saat ini, aktivitas seperti itu sudah mulai terlihat dalam proyek buatan Microsoft, yaitu Hololens. Melalui sebuah perangkat kacamata berkomputer, pengguna bisa menyaksikan video tanpa harus tersedia sebuah televisi, memainkan video game tanpa harus memegang game controller, atau merancang sebuah desain tanpa bantuan layar LCD di depannya. Teknologi yang ditawarkan ini tentu dapat mendukung dan diterapkan dalam industri otomotif dalam hal rancang-desain.   

Lalu, apa yang dapat dilakukan HoloLens untuk dunia otomotif? Tentunya sangat banyak. Microsoft sudah menjanjikan para desainer agar bisa bekerja dalam dunia tiga dimensi secara langsung. Dengan Hololens, para desainer bisa melihat langsung objek yang sedang dikerjakan secara realtime dan dalam bentuk 3D Augmented Reality. Mereka bisa mengubah setiap detail dengan cepat dengan hanya bantuan tangan dan kemudian  mencobanya langsung agar bias dilihat apa saja yang perlu disempurnakan dalam sebuah proyek yang Anda buat. Bahkan, untuk sebuah tim, setiap desainer bisa langsung melaporkan kepada penanggung jawab proyek dengan bantuan sistem cloud. Walaupun masih jauh, tetapi proyek Hololens menjanjikan sebuah kemudahan dalam hal rancang desain.

Sebelumnya, beberapa industri otomotif sudah menggunakan teknologi Augmented Reality untuk merasakan langsung dari objek yang sedang dibuatnya. Salah satunya adalah Ford Motor Company yang sudah menggunakan Oculus VR untuk me-review berbagai  mockup produk-produknya di dalam lab mereka.

Tags: , , ,


COMMENTS