April 2, 2015

KIA All New Sportage Platinum A/T 2014

Penulis: Desmal Andi
KIA All New Sportage Platinum A/T 2014  

MOBITEKNO – All New Sportage Platinum A/T ini hadir di Indonesia tahun 2014 lalu. Dari sisi penampilan, hampir tidak berubah dengan versi sebelumnya. Namun, di versi ini, All New Sportage sudah dilengkapi dengan dua headrest monitor untuk memanjakan penumpang belakang dalam hal multimedia serta sunroof dan panoramic view di atap untuk pandangan yang lebih luas serta menambah kesan sporty.

Eksterior

All New Sportage Platinum A/T yang bermesin Nu Engine 2.0 L Dual-CVVT 4 silinder segaris ini dilengkapi dengan sistem transmisi ortomatis 6 percepatan triptonik. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga hingga 158 ps pada putaran 6.200 rpm. Mesin Nu ini menggantikan mesin Theta II pada seri sebelumnya..Tampilan depan menganut desain Tiger Nose yang sudah menjadi ciri khas KIA beberapa tahun belakangan ini. Grille depan memiliki desain baru yang berlubang-lubang sehingga dapat mengalirkan udara ke bagian mesin dengan lancar. Grille untuk versi sebelumnya berdesain garis horizontal. Untuk bagian belakangnya hampir tidak mengalami perubahan yang signifikan.

 Interior

Masuk ke bagian kabin. Anda sudah disuguhkan teknologi smartkey dan immobilizer untuk membuka dan menyalakan mesin, tanpa harus memegang kunci tersebut. Sistem pengaturan kursi pengemudi pun sudah menggunakan tombol-tombol elektris (tidak manual lagi). Sama seperti versi sebelumnya, disediakan delapan mode pengaturan di bagian ini. Di balik kemudi tombol "push start button" dapat digunakan untuk menyalakan mesin kendaraan. Cukup tekan rem dan tekan tombol tersebut.

Di bagian dashboard yang berdesain modern, headunit-nya sudah mengadopsi banyak fitur, seperti GPS dan Internet. Gunakan modem eksternal untuk mengakses Internet. Anda harus mengoneksikan modem dengan sebuah port USB di bagian laci. Sebelum melakukan browsing, atur terlebih dahulu di menu setting pada headunit.

Layar 4.3-inch TFT LCD touch screen siap menyajikan berbagai informasi infotainment di kendaraan. Namun, sistem layar sentuhnya masih dengan teknologi resistif sehingga akan nyaman bila Anda menggunakan stylus. Dua headrest monitor pada kursi depan bisa dimanfaatkan untuk menampilkan video dan film untuk penumpang di bagian belakang. Desan monitor yang mirip dengan iPhone ini memiliki navigasi yang mudah. Fungsi GPS juga sudah disediakan. Nyalakan dan atur posisi tujuan, GPS akan mengarahkan dengan rute yang terdekat. Sayangnya, peta yang ada masih dari database yang lama. Ada baiknya update terus file peta pada microSD untuk mendapatkan rute jalan terbaru.

Di bawahnya, sistem pendinginan udara dual zone dapat membedakan suhu antara bagian kanan dan kiri. Aliran AC ini juga disediakan untuk baris kedua melalui lubang AC di belakang konsol tengah. Lihat ke bagian atas, Anda bisa memanfaatkan panoramic view dan sunroof untuk suasana kabin yang berbeda.

Di bagian setir/kemudi, disediakan fungsi remote control terintegrasi untuk mengoperasikan headunit dengan jari-jari Anda. Dari bagian setir ini, fungsi Cruise Control juga bisa diaktifkan saat kendaraan melaju lurus di tengah jalan bebas hambatan.Di balik kemudi, Anda juga bisa melihat berbagai informasi pada sebuah layar kecil. Mulai dari informasi trip computer, steering mode, perpindahan gigi, hingga peringatan darurat bisa didapat di sini. Layar kecil ini diapit oleh speedometer dan odometer.   

Fitur Keamanan

Untuk faktor keamanan, kendaraan ini sudah dilengkapi banyak fitur. KIA All New Sportage ini sudah dibekali dengan Day Running Light, fungsi "Downhill Brake control and Hill Assist Control" untuk membantu pengemudi saat kendaraan dalam posisi menanjak atau menurun sehingga akan membantu kestabilan kendaraan. Di bagian tengah, kamera akan aktif di spion tengah saat kendaraan dalam posisi mundur. Dari kamera ini, pengmudi juga diberitahu batas-batas aman untuk kendaraan. Sensor akan bekerja untuk menunjang fungsi ini. Fungsi Auto headlamp juga sangat membantu jika suasana di luar tiba-tiba menjadi gelap. Anda tidak perlu menyalakan lampu secara manual lagi. Saat keadaan menjadi gelap, lampu utama akan menyala secara otomatis. Semua fungsi ini tentunya disediakan KIA untuk kenyamanan dan keamanan berkendara di jalan raya.

Tags: , , ,


COMMENTS