April 2, 2015

EyeLock myiris, Teknologi Kunci Kendaraan Lewat Retina Mata

Penulis: Desmal Andi
EyeLock myiris, Teknologi Kunci Kendaraan Lewat Retina Mata  

MOBITEKNO – Terkadang rasa khawatir muncul saat kendaraan kesayangan terpakir di tempat umum. Pencurian yang dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab siap mengintai. Solusinya, mencegah tidak pencurian kendaraan menggunakan teknologi stater mobil lewat pemindai retina mata.

Gagasan ini dimunculkan oleh EyeLock, sebuah perusahaan pengembang piranti lunak yang tengah mengembangkan teknologi keamanan untuk mobil. Sistem keamanan yang diberi nama myiris ini terbilang sederhana, yakni memanfaatkan infra merah yang nanti berguna untuk memindai mata pemilik mobil. Selanjutnya, data pemindaian yang berhasil dihimpun akan disimpan ke dalam sebuah memori.

"Teknologi ini terintegrasi ke dalam arsitektur kendaraan secara menyeluruh yang menyediakan akses kepada pengguna sebenarnya. Dengan begitu, tak sembarang orang bisa mengoperasikan mobil yang nantinya terpasang sistem keamanan ini. Jika Anda bukan orang yang tepat, kendaraan tak bisa di starter," ujar Anthony Antolino, Chief Marketing and Business Development Officer, EyeLock. Kapan teknologi ini akan segera diaplikasikan secara massal? Sayangnya pihak pengembang belum mau berbicara lebih banyak. Tak hanya itu, harga yang ditawarkan juga tak mau diumumkan. Debut pertama teknologi ini juga pernah diperlihatkan pada ajang CES 2015 di Las Vegas, Amerika Serikat dan ajang North American International Auto Show 2015.
Tags:


COMMENTS