July 1, 2015

Microsoft Lumia 540 Dual SIM: Peningkatan di Resolusi Layar dan Kamera (Review)

Penulis: Umay
Microsoft Lumia 540 Dual SIM: Peningkatan di Resolusi Layar dan Kamera (Review)  

MOBITEKNO – Untuk pasar Indonesia, Microsoft rajin menghadirkan varian Lumia yang menyasar segmen menengah ke bawah. Setelah mengakuisisi Nokia tahun lalu, Microsoft memang memilih strategi ini guna ‘menggoda’ pengguna Android maupun iOS agar beralih ke Windows Phone dengan harga terjangkau. Tawaran ini terbilang ampuh dimana lambat laun pengguna Windows Phone makin bertambah seiring waktu.

Salah satu varian di kelas tersebut kembali dihadirkan Microsoft melalui Lumia 540. Seri ini bisa dibilang merupakan penerus dari seri Lumia 535 dengan beberapa penambahan fitur, seperti peningkatan resolusi layar serta resolusi kamera utama pada Lumia 540. Dengan masih menggunakan layar 5 inci, seri ini hadir dengan pilihan warna-warna cerah bagi Anda yang berjiwa dinamis, diantaranya hitam, putih, oranye, serta biru sian. Selain itu apa saja yang coba ditawarkannya? Berikut pengulasan yang akan kami lakukan:

Kelengkapan

Lumia 540 dibundel dalam kemasan standar berupa boks dengan perlengkapan pendukung didalamnya. Karena ditujukan bagi kawula muda yang gemar mendengarkan musik serta fungsi multimedia, dalam paket penjualannya disediakan pula sebuah earphone. Selain itu, tidak terdapat sesuatu yang menonjol pada kelengkapan yang disediakan dalam boks penjualan. Sebagai penunjang aktivitas keseharian, kelengkapan tersebut memang sudah cukup. Kelengkapan yang tersedia di dalam boksnya mencakup:

1. Smartphone

2. Buku panduan

3. Earphone

4. Charger

Desain

Menggunakan layar dengan ukuran 5 inci membuatnya cukup pas digenggam. Ukuran layar ditampilkan secara maksimal sehingga saat smartphone dalam kondisi mati, seakan-akan layarnya tampil penuh tanpa adanya bingkai atau bezel di seluruh pinggirannya.

Meski tidak menggunakan pelindung Gorilla Glass seperti pada Lumia 535, sebagai gantinya telah digunakan teknologi ClearBlack Display yang membuat layar lebih jernih dan terang. Teknologi ini juga membuat tampilan layar tetap nyaman dilihat meski Anda menggunakannya pada situasi siang hari di bawah sinar matahari.

Layar tersebut dibalut dengan cover belakang dengan pilihan warna yang terdiri dari hitam, putih, cyan, dan oranye. Warna-warna tersebut memang menjadi ciri khas Lumia sebagai smartphone-nya kawula muda yang berjiwa dinamis.

Covernya menggunakan bahan plastik yang bisa dilepas guna memasang baterai ataupun kartu SIM dan kartu memori. Untuk membuka cover tersebut membutuhkan sedikit trik dengan cara menekan bagian atas cover. Cara ini memang agak sedikit merepotkan bagi yang belum terbiasa, dan mesti sedikit berhati-hati. Hanya saja cover yang digunakan terasa kurang rapat dan mantap saat digenggam, berbeda dengan seri menengahnya yaitu Lumia 730 (masih menggunakan merek Nokia) dengan cover yang tertutup lebih rapat sehingga lebih mantap saat digenggam.

Pada bagian dalam, terdapat dua slot untuk kartu SIM yang ditempatkan bersebelahan dan masing-masing sudah ditandai dengan jelas posisinya. Slot kartu memori jenis microSD pada bagian atas mendukung hingga kapasitas 128 GB. Sedangkan baterainya menggunakan jenis lithium-ion dengan kapasitas daya 2200 mAh.

Tombol fisik untuk fungsi Power dan Volume ditempatkan bersebelahan di sisi kanan. Sedangkan tombol fungsi Home, Back, dan Search dihadirkan secara virtual. Tombol-tombol ini bisa disembunyikan atau ditampilkan dengan cara digeser ke posisi atas. Hal ini memberikan kenyamanan lebih karena dengan menyembunyikannya, pengguna tidak akan terganggu seperti salah menekan saat memainkan game.

Fitur & Performa

Lumia 540 dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm seri Snapdragon 200 yang merupakan seri terendah. Namun hal ini tidak menjadi hambatan bagi sistem operasi Windows Phone dalam menjalankan berbagai aplikasi standar yang ada di Store. Dengan ditandem chip GPU Adreno 303, smartphone ini masih bisa memainkan game-game seperti Ashpalt 8 ataupun Six Guns, meski terkadang masih terdapat lag pada beberapa frame tertentu.

Saat di-benchmark, hasil pada AnTuTu menghasilkan skor 11337, untuk Benchmark OS II dengan skor 400. Jika dibanding dengan Nokia Lumia 730 yang menggunakan chip Snapdragon 400, menghasilkan skor AnTuTu sebesar 11656 dan Benchmark OS II dengan skor 450. Selesih tersebut memang terlihat tidak terlalu signifikan. Sedangkan hasil pada aplikasi Benchmark 2 menunjukkan CPU Bench Score sebesar 15.864, Data Transfer Bench Score 22.657, Memory Bench Score 6.769, dan Graphics Bench Scrore sebesar 45.300.

Seperti pada kebanyakan smartphone lainnya, saat memainkan game berat terjadi peningkatan suhu yang drastis di area belakang. Hal ini terjadi saat kami memainkan game Six Guns yang bertema aksi. Meski masih terbilang wajar karena chip prosesor dan grafis bekerja keras guna memaksimalkan kinerjanya. Namun disarankan untuk melakukan jeda tiap beberapa menit guna menghindari panas berlebih.

Lumia 540 juga mengunggulkan fitur kamera yang terlihat dengan peningkatan resolusi menjadi 8 MP dibanding seri Lumia 535 yang hanya 5 MP. Untuk mengoperasikan kamera, Lumia 540 menyediakan dua aplikasi yaitu Lumia Camera dan Lumia Selfie. Dari segi kelengkapan fitur, Lumia Camera lebih unggul. Dari sini Anda bisa melakukan pilihan otomatis ataupun manual yang menyediakan pengaturan pada White Balance, Focus, ISO, Shutter Speed, serta Brightness. Sedangkan Lumia Selfie lebih diperuntukkan bagi penggemar selfie yang menyediakan pengaturan lebih sederhana dibanding Lumia Camera.

Daya tahan pada baterai yang diusungnya terlihat cukup baik. Dengan manajemen serta penggunaan daya yang lebih efisien dibanding Android, Windows Phone 8.1 Update 2 yang disematkan Lumia 540 mampu memiliki daya tahan yang cukup lama.

Spesifikasi

Spesifikasi lengkap Microsoft Lumia 540

Ukuran layar 5 inci 720p capacitive touchscreen
Sistem operasi Windows Phone 8.1 Update 2 (Lumia Denim)
Prosesor Qualcomm Snapdragon 200 1,2GHz quad-core
Graphics card Adreno 302
Kamera Belakang: 8MP dengan LED flash dan video FWVGA (848 x 480)

Depan: 5MP wide angle dengan kualitas video FWVGA (848 x 480)

RAM 1 GB
Storage Internal 8 GB dengan tambahan slot micro SD hingga 128 GB
Jaringan 2G: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2

3G: HSDPA 900 / 2100

Kartu SIM Dual micro-SIM
Komunikasi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0; A-GPS/GLONASS/microUSB; FM radio
Baterai 2200 mAh

 

Kesimpulan

Lumia 540 merupakan salah satu smartphone berbasis Windows Phone 8.1 yang ditawarkan Microsoft guna menggoda pengguna smartphone dengan platform lain. Meski spesifikasinya terbilang standar, namun kinerja yang ditawarkannya cukup untuk aktivitas bertelepon sehari-hari, bermain game, menjelajah internet, serta aktivitas online lainnya.

Peningkatan dari sisi kamera menjadi nilai tambah lainnya. Meski tidak terlalu spektakuler, namun hasilnya cukup memuaskan dan mampu menangkap gambar dengan baik dalam segala kondisi. Meski tentu saja pada area gelap atau remang dibutuhkan penggunaan lampu kilat. Penyuka selfie pun mendapatkan kemudahan dengan aplikasi khusus bawaan mereka yaitu Lumia Selfie yang memberikan berbagai pilihan untuk mempercantik hasil gambar.

Sebagai daya tarik tambahan, Microsoft juga menyertakan bonus berupa layanan aplikasi mereka seperti Office, OneNote, Skype, serta kapasitas storage online di OneDrive yang disediakan sebesar 30 GB secara gratis. Tidak hanya itu, Microsoft juga telah memastikan bahwa Lumia 540 sudah mendapat dukungan untuk upgrade ke Windows 10.

Secara resmi harga jualnya yaitu Rp1.999.000 namun saat bulan Ramadhan tahun 2015 ini, Microsoft memberikan tawaran menarik dengan potongan harga hingga Rp300.000.

Tags: , , , ,


COMMENTS