May 1, 2015

Tahun 2016, Formula 1 Direncanakan Dimulai di Bulan April

Penulis: Desmal Andi
Tahun 2016, Formula 1 Direncanakan Dimulai di Bulan April  

MOBITEKNO – Sejak selesainya musim Formula 1 tahun 1988, Formula 1 selalu dimulai di bulan Maret. Namun, untuk tahun 2016, rencanany gelaran jet darat ini akan dimulai di bulan April. Hal ini dilakukan untuk mempersingkat jadwal Formula 1 dalam satu tahun.

Dengan kalender baru ini, jadwal istirahat di antara dua balapan tentu akan dipangkas. Tidak ada lagi waktu yang terlalu lama untuk pindah dari satu balapan ke balapan berikutnya. Sebagai contoh, di kalender 2015, jarak antara GP Australia dan GP Malaysia berlangsung selama 2 minggu. Begitu juga antara GP Bahrain dan GP Spanyol yang berlangsung 3 minggu.

Berubahnya jadwal tahun 2016 juga akan meminimalkan jadwal balik ke daratan Eropa sehingga akan memaksimalkan kepentingan tim dalam olahraga ini. Saat ini belum ada informasi resmi mengapa manajemen Formula 1 menyingkat jadwal antar balapan. Namun, banyak pihak yang meyakini perubahan ini akan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi biaya untuk tim dan pembalap Formula 1.

Di kalender 2016, Melbourne tetap menjadi seri pembuka pada 10 April 2016. Namun, GP China akan menjadi seri kedua di akhir minggu setelah GP Australia berlangsung. Mengingat jadwal yang pembuka yang berlangsung di bulan April, pihak penyelenggara GP Australia berencana akan memajukan jadwal balap menjadi lebih cepat, sekitar jam 3 sore waktu setempat. Namun, hal ini belum menjadi keputusan final dari penyelenggara GP Australia.

Sekadar informasi, ajang balap Formula 1 juga pernah dimulai di bulan Mei, sebelum banyak negara yang bisa menjadi tuan rumah bagi balapan ini. Jalannya balapan yang dimulai bulan Mei ini berlangsung di era balapan tahun 1950 sampai 1966.

Tags: ,


COMMENTS