May 1, 2015

Eropa Akan Terapkan eCall di Setiap Kendaraan

Penulis: Desmal Andi
Eropa Akan Terapkan eCall di Setiap Kendaraan  

MOBITEKNO – Keselamatan berkendara selalu menjadi hal nomer satu di setiap negara. Inilah yang akan menjadi perhatian Eropa untuk menerapkan sebuah sistem panggilan darurat untuk setiap kendaraan. Parlemen di Eropa menyepakati sebuah aturan yang mewajibkan semua kendaraan penumpang dan van ringan untuk menerapkan Emergency Call (eCall) paling lambat 31 Maret 2018.

Teknologi baru ini diprediksi akan mengurangi bahaya kematian pada kecelakaan hingga 10 persen setiap tahunnya. Awalnya, eCall akan diberlakukan pada 2014 dan 2017. Namun, setelah melewati berbagai perdebatan, eCall akan diterapkan pada musim semi 2018.

Sistem eCall di dalam kendaraan akan menggunakan teknologi panggilan darurat 112 untuk menghubungkan ke layanan darurat guna menangani kecelakaan di jalan raya. Dengan panggilan secara otomatis ini, memungkinkan para tim penyelamat untuk memutuskan tindakan pada korban kecelakaan. Sistem ini dapat menyelamatkan banyak nyawa, mengurangi cedera yang parah, dan mengurangi dampak kemacetan akibat kecelakaan yang terjadi di jalan raya.

Aturan juga menginformasikan data eCall akan dikumpulkan oleh pusat-pusat pelayanan darurat dam tidak boleh dialihkan kepada pihak ketiga tanpa persetujuan dari orang yang bersangkutan. Produsen juga harus memastikan bahwa desain teknologi eCall memungkinkan penghapusan data lengkap yang sudah dikumpulkan agar tidak disalah gunakan.

 

Sumber: NextGreenCar

Tags: ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES