CyanogenMod 13 Bawa Keunggulan Android 6.0 Marshmallow ke Perangkat Android Populer

Tanggal : Kamis, 26 November 2015 - 10:32 WIB
Penulis : Iwan Ramos Siallagan


CyanogenMod 13 Bawa Keunggulan Android 6.0 Marshmallow ke Perangkat Android Populer

MOBITEKNO - Android 6.0 dengan sebutan Marshmallow telah dipakai pada beberapa smartphone selama dua bulan ini. Seperti halnya Android OS terbaru, butuh waktu beberapa bulan sebelum Marshmallow menjadi sistem operasi Android yang dominan.

CyanogenMod (CM) yang sudah cukup lama mengembangkan Android OS-nya Google dengan sejumlah optimalisasi dan fungsi baru (dari mereka dikembangkan sendiri atau pihak ketiga) ingin mempercepat penyebaran Android OS 6.0 Marshmallow ke sejumlah perangkat smartphone Andorid, terutama bukan untuk smartphone Android rilis terbaru.

Untuk mewujudkan gagasan tersebut, tim pengembang CyanogenMod (CM) belum lama ini merilis CM13 nightly build pertama yang berbasis Marshmallow di dalamnya.

Pada laporan di web blog-nya, tim CyanogenMod mengatakan "Kami memang cenderung tidak banyak berbicara seputar pengembangan CM13 (Marshmallow) karena sibuk di balik layar selama ini. Hari ini, kami hadirkan fase pertama beberapa perangkat yang akan mendapat update CM13 nightly build".

Berdsarkan informasi yang didapat, CM13 (Marshmallow) nightly build ini akan mendukung sejumah smartphone Android yang cukup populer, antara lain:

  • OnePlus One
  • Nexus 7
  • LG G4
  • Galaxy Tab Pro 8.4
  • LG GPad 7.0
  • LG G3 Verizon
  • Moto X 2014

Menurut catatan CyanogenMod, dukunga batch awal ini pada sejumlah smartphone dari produsen OEM lainnya masih sedikit ‘berantakan’. Namun, tim pengembang CM tetap akan meneruskan niatnya untuk memperluas dukungannya pada berbagai smartphone lainnya.

Rencananya, dalam beberapa minggu ke depan ini tim pengembang CM akan segera merilis update-nya agar semua perangkat yang selama ini telah menggunakan CyanogenMod 12.1 bisa migrasi dengan lancar ke CyanogenMod 13.

Bagi pengguna smartphoen Android yang belum didukung penuh oleh CM13 tapi tidak sabar menunggu update CM13 berikutnya masih tetap bisa menggunakan CM13 (Marshmallow) nightly build tersebut.

CyanogenMod hanya memberikan saran bagi penguna CM12.1 YOG4P dan YOG7D agar tidak mencoba rilis CM13 nightly ini, kecuali sudah siap dengan konsekuensi banyak fungsi yang tidak normal dan smartphone pun akan memiliki sejumlah bug.