December 18, 2017

Dampak Hijrah ke Android, BlackBerry Tutup App Store-nya di Akhir 2019

Penulis: Iwan RS
Dampak Hijrah ke Android, BlackBerry Tutup App Store-nya di Akhir 2019  

MOBITEKNO – Ekosistem BlackBerry sebagai mobile platform sudah diprediksi banyak pihak cepat atau lambat akan segera berakhir. Mejelang tutup tahun, hal tersebut akhirnya dipertegas pihak BlackBerry yang mengumumkan akan menutup layanan BlackBerry World app store pada akhir 2019.

Selain app store, BlackBerry juga akan menutup beberapa layanan mereka lainnya, seperti BlackBerry Travel dan layanan Playbook video calling. Kedua layanan ini bahkan akan ditutup tahun depan. Sebelum akhirnya menutup BlackBerry World pada penghujung 2019.

Setelah merilis BB10 sejak 2015, BlackBerry tidak lagi merilis perangkat atau smartphone baru dengan sistem operasi (OS) tersebut. Indikasi sudah terlihat cukup jelas sejak mereka mulai mengadopsi OS Android yang dibuat oleh TCL atau BB Merah Putih.

Sebagai salah satu strateginya aga bisa survive dan relevan di masa mendatang, BlackBerry mulai memfokuskan bisnisnya ke enterprise, utamanya di segmen softaware sekuriti.

Meskipun BlackBerry masih menjanjikan dukungan BB10 hingga dua tahun mendatang, ditutupnya BlackBerry World app store juga menandakan berakhirnya siklus semua produk yang berbasis platform BB yang pernah berjaya di Tanah Air pada kurun waktu 2006-2010.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES