December 14, 2017

Luncurkan Fitur Utasan atau Thread, Bikin ‘Kultwit’ di Twitter Kini Lebih Mudah

Penulis: Iwan RS
Luncurkan Fitur Utasan atau Thread, Bikin ‘Kultwit’ di Twitter Kini Lebih Mudah  

MOBITEKNO – Kicauan (tweet) hingga 280 karakter (dari 140 karakter) telah resmi hadir di platform Twitter sejak November 2017 lalu. Namun, inovasi tampaknya terus bakal berlanjut setelah pihak Twiiter mengumumkan bakal munculnya satu lagi fitur baru, yakni ‘utasan’ atau ‘thread’.

Setelah diuji coba sejak September lalu, fitur ‘thread yang dihadirkan untuk memfasilitasi sekumpulan ciutan yang saling berhubungan ini akhirnya resmi diumumkan. Penguna Tanah Air mungkin ada yang menyebutnya dengan ‘kultwit ’ meskipun netizen global lebih mengenalnya sebaga tweetstorm.

Seperti diketahui, tweetstorm berguna untuk memudahkan pengguna Twitter untuk mengeluarkan kicauan panjang menyangkut suatu topik. Kini, pengguna dapat menuliskan banyak ciutan dan Twitter akan men-thread-kan ciutan-ciutan terseut secara otomatis untuk ditayangkan dalam satu kesatuan.

Platfomr Twitter dengan fitur baru ini akan tersedia dalam beberapa minggu mendatang untuk semua pengguna perangkat iOS, dan Android, termasuk juga pengguna yang menggunakan layanan web-nya di Twitter.com.

Sasank Reddy, Product Manager, Twitter, dalam rilisnya menjelaskan, “Di Twitter, kami mempelajari bagaimana orang menggunakan layanan kami dan kemudian membuat fitur untuk membuat apa yang mereka lakukan lebih mudah.”

“Retweet, @reply, dan tagar adalah contohnya. Beberapa tahun yang lalu kami melihat orang-orang secara kreatif menjahit Tweet bersama untuk berbagi lebih banyak informasi atau menceritakan cerita yang lebih panjang – seperti ini. Kami melihat pendekatan ini (yang kami sebut "threading") sebagai cara inovatif untuk berbagi informasi,” tambahnya.

Pengguna yang ingin menggunakan fitur ‘thread’ ini bisa mengakses melalui tombol baru di bagian komposer. Di sini, pengguna dapat mempublikasikan thread Tweet mereka secara bersamaan.

Pengguna dapat menambahkan Tweet dalam thread yang sudah mereka publikasikan dengan menggunakan tombol ‘Tambahkan Tweet lain’ atau ‘Add another Tweet’. Selain itu, pengguna juga akan lebih mudah menemukan thread karena Twitter sudah menambahkan label ‘Tunjukkan utasan ini.’ Atau ‘Show this Thread’.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES