December 14, 2017

Warehouse Lazada Cimanggis Sukses Hadapi Lonjakan Pembeli Saat Harbolnas

Penulis: Karyo
Warehouse Lazada Cimanggis Sukses Hadapi Lonjakan Pembeli Saat Harbolnas  

MOBITEKNO – Saat pesta belanja online yang dikenal dengan Hari Belanja Nasional (Harbolnas) mencapai puncaknya,  Lazada langsung mengalamai lonjakan pesanan 2 hingga 3 kali lipat pada jam-jam pembukaan Harbolnas.  "Setelah acara show tadi malam, order naik 2-3 kali lipat dari hari biasa," ujar Florian Holm, Co CEO Lazada Indonesia, saat awak media mengunjungi Warehouse Lazada Cimanggis-Depok, Selasa, (12/12 2017). 

Lazada yang telah sukses pada event 11.11 lalu yang telah mencatatkan rekor angka Gross Merchandise Value (GMV) sebesar lebih dari Rp. 1.6 triliun atau tumbuh sebesar 171% dibandingkan 11.11 di tahun 2016, tentu didukung oleh kesiapan manajemen logistik yang berpusat di Warehouse tersebut.

Lazada sebagai perusahaan e-commerce no 1 di Indonesia dan Asia Tenggara telah mencatat kenaikan Gross Merchandise Value (GMV) hampir 7x lipat pada 11 November lalu bila dibandingkan dengan hari biasa, kesibukan di warehouse dan delivery hub Lazada juga meningkat. Selama tanggal 11 November lalu terjadi peningkatan jumlah paket yang diantar ke konsumen dari warehouse Lazada di Jakarta sebesar lebih dari 2 kali lipat dibandingkan pada hari yang sama tahun lalu.

Menurut Haikal Bekti Anggoro Head Marketing Online Lazada Indonesia, untuk menghadapi lonjakan pada Harbolnas, 11.11 dan 12.12, pihaknya telah menyiapkan 3.500 tenaga kerja yang dikerahkan di Warehouse Lazada Cimanggis – Depok.

Dalam sehari menurut Haikal Warehouse yang di Cimanggis tersebut bisa melakukan 400.000  transaksi. Pada Harbolnas ini, Lazada menargetkan 1 juta item barang keluar dari gudang Cimanggis, belum termasuk dari gudang seller masing-masing, sejauh ini sudah ada 250 seller.

Barang-barang yang tersimpan di gudang Lazada saat ini didominasi barang eleltronik dan peelengakapan rumah.

Sementara itu menurur Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia, Warehouse Cimanggis merupakan salah satu dari 3 warehouse kami di Indonesia yang memiliki teknologi tercanggih dan kapasitas terbesar. Kami terus mengembangkan teknologi dan berinovasi agar kemampuan warehouse kami terus meningkat untuk memenuhi kebutuhan seller juga melayani konsumen kami dengan lebih efisien. Setelah sukses melakukan peningkatan pelayanan pada 11.11 kemarin, kami kini tengah bersiap untuk menghadapi Harbolnas,” ujar Florian, pada kesempatan yang sama.

""

Sejak Q1 tahun 2017, warehouse Lazada di Cimanggis merupakan generasi keempat (4th generation) warehouse Lazada dengan fasilitas dan teknologi terdepan. Selain itu, 4th generation warehouse Lazada ini juga yang pertama menerapkan fitur eco-friendly dalam operasionalnya. 

“Pengembangan warehouse yang telah kami lakukan saat ini tidak lepas dari upaya Lazada dalam mengefisiensikan proses pendistribusian produk-produk kami. Namun di sisi lain, kami juga mengerti pentingnya menjaga keberlangsungan lingkungan dan alam sekitar. Pada seluruh opersional warehouse kami, pengunaan material yang lebih eco-friendly dan berdampak rendah bagi lingkungan menjadi perhatian kami,” tambah Florian.

 Untuk mendukung  konsep eco-friendly  tersebut Warehouse  Cimanggis ini menurut  Florian,  menerapkan berbagai inovasi penghematan penggunaan energi seperti penggunaan lampu LED serta isolated roofting, juga adanya fasilitas water treatment.

Dengan didukung dua warehouse lainnya di Surabaya dan Medan, 25 hub yang tersebar di seluruh pelosok negeri dan jaringan jasa delivery Lazada juga berbagai mitra 3PL, maka diharapkan berbagai fasilitas tersebut mampu memaksimalkan kapasitas Lazada dalam menyambut partisipasi Lazada di Hari Belanja Online (HARBOLNAS) tidak hanya pada 12 Desember (12.12) saja tapi hingga 14 Desember nanti.

Kedepannya Lazada berencana mengembangkan beberapa warehouse di beberapa kota seperti di Balikpapan, Palembang, Semarang dan Denpasar.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES