November 15, 2017

Review GenPro X Pro: Murah dengan Fitur Banyak

Penulis: Desmal Andi
Review GenPro X Pro: Murah dengan Fitur Banyak  

MOBITEKNO – Jika ada tawaran smartphone dengan harga yang murah tetapi memiliki fitur yang banyak, tentu saja banyak orang yang akan menerima tawaran tersebut. Kadang, tidak peduli apakah fitur yang terkandung di dalam smartphone tersebut berguna bagi dirinya atau tidak. Namun, apa yang ditawarkan oleh smartphone GenPro X Pro ini berbeda. Semua fitur yang ada di dalamnya, sama seperti fitur yang terdapat pada smartphone di segmen menengah. Namun, walau memiliki fitur banyak, jangan khawatir harganya akan melambung jauh. GenPro X Pro tetap dijual dengan harga sangat terjangkau.

Walaupun berharga satu jutaan, bukan berarti fitur yang ada disediakan asal-asalan. GenPro X Pro bahkan sudah dilengkapi dengan kamera ganda di bagian belakang. Dengan dua kamera ini, tentunya pengguna dimudahkan untuk membuat efek foto yang detil, seperti bokeh.

Tidak hanya itu saja kemampuan yang dimiliki GenPro X Pro. Smartphone ini memiliki User Inteface (UI VOS) yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan, seperti Anti Theft dan Clone Apps. GenPro X Pro sendiri merupakan versi upgrade dari GenPro X yang sudah hadir lama. Untuk leboh jelasnya mengenai apa saja yang ada pada GenPro X Pro ini, silakan baca ulasannya berikut ini.

GenPro X Pro datang ke meja redaksi Mobitekno lengkap dalam kemasan yang dibuat cukup tebal. Segel rapi menyelimuti seluruh kotak kemasannya. Setelah dibuka, tampak smartphone dengan layar berukuran 5 inci berwarna hitam.

Berikut ini apa saja yang bisa ditemui di dalam kotak kemasannya:

  1. Unit smartphone GenPro X Pro
  2. Softcase (walaupun di kemasan tertulis hardcase)
  3. SIM Card ejector
  4. Earphone
  5. Kabel Data yang berfungsi juga sebagai kabel charger
  6. Adapter AC to DC
  7. Buku petunjuk singkat dan garansi

 

Desain Full metal body sudah terasa saat smartphone ini diangkat dari kotaknya. Layarnya yang berukuran 5 inci IPS HD 720P membuat smartphone nyaman dan pas dipegang oleh satu tangan sekalipun. Walaupun ditujukan di segmen bawah, desain smartphone ini cukup indah, layaknya smartphone premium.

Bagian bawah layar terdapat seperti tombol yang tidak bisa ditekan, berfungsi sebagai pemindai sidik jari dan akses ke bagian Home pada UI-nya. Menariknya, untuk melindungi kaca bagian depan, GenPro X Pro sudah menyediakan screen protector yang terpasang di layar. Anda tinggal menarik plastik pelindungnya saja. Adanya bonus screen protector ini membuat penggunanya tidak perlu mengeluarkan dana tambahan hanya untuk membeli anti gores.

Di bagian atas terdapat kamera depan yang memiliki resolusi 8 MP. Di samping kamera terdapat flash yang dapat membantu aktivitas selfie saat suasana kurang cahaya.

Beralih ke sisi samping kanan. Seperti kebanyakan smartphone lainnya, sisi ini terdapat tombol volume up dan volume down. Di baahnya terdapat tombol power untuk menyalakan dan mematikan smartphone. Semantara slot SIM card ada di sisi kirinya. Dibutuhkan SIM Card ejector untuk membua pelindungnya dan memasukkan kartu 4G yang Anda miliki.

Sekarang kita lihat sisi bawahnya. GenPro X Pro masih setia menggunakan micro USB untuk proses charging dan transfer. Di samping port Micro USB, terdapat dua lubang speaker yang mengapitnya. Sementara di bagian atas, hanya terdapat port audio 3.5 mm untuk kebutuhan earphone.

Balik smartphone untuk melihat bagian belakangnya. Dua kamera ada di pojok kiri atas dengan lampu flash di sampingnya. Dua kamera beresolusi 13 MP + 2 MP ini dilengkapi dengan fitur bokeh. Logo GenPro terletak di bawahnya, simetris antara bagian kiri dan kanan.

Masuk dalam paket penjualannya, Anda bisa menggunakan softcase yang disediakan untuk melindungi smartphone. Softcase bening transparan ini dapat menambah keindahan GenPro X Pro.

 

Evercoss sebagai induk dari GenPro ini tampaknya tidak pelit dalam memberikan berbagai fitur ke dalam GenPro X Pro ini. Dari UI-nya saja, Anda bisa menemukan berbagai fitur pengaman smartphone ini, seperti Anti maling dan Clone Apps untuk penggunaan dengan account yang berbeda.

Fitur-fitur ini akan terlihat jelas, jika kita mengakses menu “Settings”. Dari dalam settings Anda bisa melihat adanya “Smart Access” yang dapat memberikan berbagai hak akses terhadap aplikasi melalui gesture. Anda bisa mengatur gesture yang sudah ada dengan keinginan Anda sendiri, seprti degan menggambar huruf W untuk meluncurkan aplikasi tertentu. Tersedia banyak opsi gesture yang bisa Anda gunakan untuk kemudahan dalam menggunakan smartphone.

 

Smartphone ini juga dibekali dengan fitur smart motion dimana dapat menghilangkan suara panggilan hanya dengan membalik smartphone. Selain itu, ada juga sart assistance denga salah satu kemampuannya adalah mengganti pattern atau PIN yang lupa dengan Google Account untuk masuk ke dalam smartphone.

Salah satu kemampuan yang dijual GenPro X Pro kepada para konsumennya adalah adanya fitur pemindai sidik jari. Fitur yang biasanya ada di smartphone kelas atas, kini hadir di GenPro X Pro. Berbagai kombinasi akses bisa dilakukan melalui Fingerprint ini. Akses untu pemindai sidik jari ini menyatu dengan Home Button.

Untuk jeroannya sendiri, smartphone ini dibekali dengan prosesor dari Mediatek Quad Core 1.25GHz. Peningkatan RAM terjadi di smartphone ini dibandingkan sebelumnya, yaitu menjadi 3 GB. Kapasitas storage internalnya hanya 32 GB. Namun tenang, melaluiMico SD Card, Anda bisa menambah storage hingga 128 GB.  Cukup luas bukan?

Sekarang beralih ke kamera. Sudah disebutkan di awal bahwa GenPro X Pro memiliki dual camera di belakang, dengan kombinasi 13 MP dan 2 MP. Sementara kamera depan beresolusi 8 MP. Di aplikasi kameranya juga sudah disediakan berbagai filter menarik, seperti Panorama, watermarks, Tme Lapse,dan Beauty Video. Untuk kebutuhan selfie, aplikasi kamera juga sudah menyiapkan berbagai filter menarik seperti FreeCute yang dapat embuat wajah-wajah lucu melalui teknologi AR.

Saat kondisi terang benderang, hasil kamera GenPro X Pro terbilang cukup baik. Smartphone masih bisa diandalkan untuk mengambil subjek foto dengan detail yang tinggi.

 

Kami juga mengukur kemampuan GenPro X Pro melalui beberapa aplikasi Benchmark. Dan, hasilnya sebagai berikut:

 

 

Fitur banyak tentunya harus mendapat dukungan dari hardware smartphone. Berikut ini Mobitekno informasikan mengenai hardware da desain yang terkandung di dalam GenPro X Pro.

Prosesor MediaTek Quad Core 1,25GHZ
Storage dan RAM 32 GB (micro SD up to 256 GB),  3 GB
Layar IPS 5 Inci 720 HD
Baterai 2650 mAh
Sistem Operasi Android 7.0 Nougat

 

GenPro X Pro menawarkan daya tarik pada harga di GenPro X Pro ini. Di dalam smartphone ini begitu banyak fitur yang bisa dirasakan oleh penggunanya. Mulai dari keamanan untuk smartphone, multimedia, hingga penggunaan gesture pada perangkat smartphone menjadi daya tarik smartphone ini.

Kamera menjadi salah satu unggulan smartphone ini. Degan dual camera ditambah aplikasi yang menyertainya membuat smartphone ini enak dibawa-bawa untukmengabadikan momen.

Dari sisi dmodel, desainnya cukup stylish untuk kategori smartphone di harga satu jutaan rupiah. GenPro juga tidak tanggung-tanggung dalam memberikan berbagai hal dalam kemasannya untuk para konsumennya. Di GenPro X Pro,  selain mendapatkan lapisan anti gores,  GenPro X Pro ini juga mendapatkan Softcase untuk melindungi bodi smartphone

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES