October 25, 2017

Review Arena of Valor (AOV): Hanya Untuk Gamer Berjiwa Kompetitif

Penulis: David Novan
Review Arena of Valor (AOV): Hanya Untuk Gamer Berjiwa Kompetitif  

MOBITEKNO – Main AOV dapet 7M! Rasanya kamu sudah cukup familiar dengan ucapan tersebut, terutama bila kamu sering menonton televisi. Ya, iklan game mobile yang bisa dibilang sangat gencar tersebut seperti sudah terpatri di dalam ingatan pemirsa televisi nusantara. Namun, apakah kamu tahu AOV itu apa? Kalau hanya bilang game, hal itu sudah pasti; tetapi seperti apa sih game AOV itu?

AOV merupakan singkatan dari Arena of Valor, game berjenis MOBA yang dimainkan di atas platform smartphone. Berbeda dengan game jenis lainnya, MOBA merupakan jenis game yang begitu kompetitif, sesuai dengan kepanjangannya yaitu Multiplayer Online Battle Arena. Jadi, sepanjang permainan kamu akan selalu bertarung melawan pemain lain dengan bantuan koneksi Internet.

Bila kamu bukan gamer dengan darah kompetitif, maka game ini sepertinya tidak cocok denganmu. Sebab, tujuan akhir dari game ini adalah menjadi gamer terbaik dan berjuang untuk naik ke puncak melalui pertarungan tanpa mengenal lelah. Karena pertarungannya yang kebanyakan dilaksanakan secara beregu, maka melakukan kesalahan yang mengakibatkan timmu kalah akan menghasilkan cercaan, kemarahan, dan antipati dari anggota tim.

Apalagi ditambah dengan adanya sistem komunikasi melalui suara di tengah permainan. Mendengar anggota tim yang melempar sumpah serapah ketika dia kalah sudah menjadi hal biasa. Namun, tujuan utamanya adalah agar kerjasama tim menjadi lebih mudah. Ingat, tanpa kerjasama tim yang baik, jangan bermimpi untuk bisa naik ke posisi yang tinggi di dalam AOV.

Lalu bagaimana dengan pemain pemula yang baru mulai mempelajari permainan AOV? Untungnya, game ini menyediakan kelas kompetisi yang akan semakin meningkat, tergantung dari kemampuan pemainnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan kesalahan di dalam kelas tersebut. Untuk lebih amannya, kamu juga bisa belajar di kelas tutorial, bermain melawan komputer, atau bermain di arena yang tidak merekam kemenangan atau kekalahanmu demi meningkatkan peringkat.

Gameplay

Sifat AOV yang begitu kompetitif menjadikan pemainnya untuk selalu berusaha menang melawan pemain lain. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, AOV akan mempertemukan kamu dengan tim pemain lain. Baik tim milikmu maupun tim lawan akan dipilih anggotanya secara acak, tergantung dari berapa banyak pemain yang sedang mencari arena pada saat itu. Oleh sebab itu, seringkali kamu bisa saja berpasangan dengan tim yang hebat sekali atau kebalikannya.

Sedangkan untuk permainannya sendiri, pertama kamu harus memilih salah satu dari avatar atau hero yang tersedia. Hero itulah yang nantinya akan kamu kendalikan di sepanjang permainan. Setiap hero memiliki kemampuan yang berbeda dengan hero lainnya. Itu sebabnya pemilihan hero serta komposisi hero yang dipilih pemain lain di satu tim menjadi penting.

Mengapa demikian? Sebab pada game ini hero terdiri dari tiga peran, yaitu Tank dengan pertahanan kuat serta skill yang mampu mengacaukan formasi tempur lawan; penyerang yang mampu membunuh lawan dengan serangan yang kuat, tetapi pertahanannya rendah; serta Support yang mampu memberi dukungan bagi timnya, seperti penyembuhan dan meningkatkan kecepatan serangan. Taktik yang digunakan untuk bertempur tergantung dari komposisi hero tersebut dan kombinasinya cukup banyak.

Arena yang bisa kamu temui berupa daerah luas dengan dua sisi, yaitu sisi timmu dan sisi tim lawan. Untuk sampai ke daerah lawan, kamu harus berjalan mengikuti jalur atau lane, yang dilindungi oleh menara atau tower. Tower tersebut memiliki pertahanan yang tinggi dan serangan yang kuat. Menghancurkan tower tersebut tentunya sulit dilakukan oleh hero saja; itu sebabnya kamu juga dibantu oleh pasukan bernama Creep yang dijalankan otomatis oleh komputer, dan mereka selalu muncul secara berkala dari markas timmu menuju markas lawan.

Creep tersebut merupakan bantuan bila berasal dari timmu dan penghalang bila berasal dari tim lawan. Namun, mereka pula yang menjadi makanan utama untuk peningkatan kekuatan heromu. Dengan membunuh Creep musuh, kamu akan mendapatkan poin experience yang membantumu naik level serta memberi uang. Perlu dicatat pula bahwa level hero hanya berlaku pada satu kali arena saja; setelah selesai menang atau kalah, level akan kembali menjadi 1. Jadi, setiap pertarungan menjadi lomba untuk meningkatkan level lebih dari lawan, dan menghalangi lawan untuk mendapatkan level.

Battle

Kemampuan kamu untuk mengendalikan hero dengan baik merupakan hal yang sangat penting dalam game berjenis MOBA. Pada AOV, kamu dapat mengendalikan hero dengan menggunakan touch stick di layar smartphone. Gerakan jarimu di atas stick tersebut akan menentukan arah hero. Setelah itu, pada sisi lain kamu bisa menemukan tombol untuk menyerang dan menggunakan skill.

Skill yang bisa digunakan oleh hero tergantung dari levelnya. Secara garis besar, skill yang bisa digunakan oleh hero terbagi menjadi dua skill menyerang (atau untuk mengendalikan jalannya pertarungan dengan menyembuhkan dan menghentikan gerakan lawan), serta satu skill ultimate yang berkekuatan besar. Kapan kamu menggunakan skill tersebut dan timingnya menjadi kunci kemenanganmu. Hal ini pula yang membuat AOV mudah dipelajari tetapi sulit dikuasai. Hanya jam terbang yang bisa membantumu.

Kemudian, bagian lain yang tidak kalah pentingnya adalah uang. Setiap kali kamu mengalahkan Creep lawan atau hero lawan, selain poin experience kamu akan mendapatkan uang. Gunakan uang tersebut untuk membeli perlengkapan tempur guna memperkuat heromu. Cara membelinya juga sangat mudah, karena kamu bisa membelinya di mana saja, bahkan ketika jauh dari markasmu dan di tengah daerah lawan sekalipun. Tanpa perlengkapan tersebut, bisa dipastikan kamu tidak bisa menang melawan hero lain.

Penggunaan skill pada AOV juga sengaja dibuat begitu mudah dikendalikan. Hal ini lebih kentara pada skill yang mampu menyerang dari jarak jauh. Hanya dengan menahan tombol skill, kamu bisa menggeser jari yang menekan tombol tersebut untuk mengarahkan lokasi skill akan dikeluarkan. Ketika kamu menahannya, kamu juga masih tetap diberi kebebasan untuk bergerak, supaya lawan masuk ke dalam jangkauan skill. Bahkan kamu juga bisa menggagalkan skill tersebut dikeluarkan, supaya ia tidak terbuang percuma.

Selain skill tersebut, kamu juga bisa menggunakan fungsi lain di dalam pertempuran, seperti menyembuhkan diri dengan menekan tombol khusus atau mengambil power-up berbentuk + berwarna hijau di dekat towermu, yang akan muncul kembali setelah beberapa waktu. Kamu juga bisa menggunakan tombol Recall untuk pindah (teleport) ke tower terdekat milik timmu atau ke markas, dan tombol Talent yang memberikan beragam kemampuan seperti mempercepat lari atau memberi serangan ke semua lawan di sekitarmu, dengan waktu tunggu sampai bisa digunakan kembali (cooldown) yang cukup lama.

Hero

Memilih hero yang sesuai dengan gaya bermainmu sama pentingnya seperti bertarung dengan benar di arena. Sebab, setiap hero memiliki skill berbeda dan cara bermain yang berbeda pula. Itu sebabnya mencoba semua hero yang tersedia dan membaca dengan teliti skill yang dimilikinya menjadi keharusan, terutama ketika ingin memilih hero yang akan kamu kuasai. Namun, untuk memiliki hero di AOV kamu diharuskan membelinya terlebih dahulu. Untungnya, kamu bisa mencoba memainkan hero secara gratis, dan setiap minggu hero yang bisa dicoba berbeda.

Selain melalui cara itu, kamu juga bisa menggunakan fungsi Hero Trial, yang bisa ditemukan di dekat tombol membeli hero. Melalui fungsi tersebut, kamu akan masuk ke dalam arena khusus dan melawan musuh yang dikendalikan komputer. Gerakan lawan dan kekuatannya bisa kamu kendalikan di sini, dan arena akan berakhir setelah kamu menghancurkan markas lawan. Meskipun kamu tidak bisa merasakan seperti apa hero tersebut dimainkan ketika bersama hero kawan lain, setidaknya kamu bisa melihat kemampuannya.

Karena sifat AOV sebagai game kompetisi, maka kamu tidak dapat menemukan pengembangan avatar seperti halnya game berjenis RPG. Namun, kamu dapat memberikan sedikit tambahan kekuatan melalui pemberian medali khusus atau menggunakan skin, yang juga mengubah tampilan hero tersebut. Untuk menggunakan skin, kamu harus siap membayarnya menggunakan uang asli alias Rupiah.

Faktor lain yang memengaruhi kekuatan heromu adalah pemilihan jajaran benda yang dibeli ketika bertarung. Pada layar “Item”, kamu bisa mengatur benda apa yang ingin diprioritaskan untuk dibeli. Sebab, benda dengan kekuatan besar membutuhkan beberapa benda lain untuk dibeli sampai akhirnya kamu bisa memakainya. Ingat pula, bahwa benda yang kamu gunakan harus sesuai dengan hero yang digunakan; jangan sampai membeli benda untuk serangan fisik padahal kamu menggunakan serangan magic!

Semua benda yang telah kamu atur tersebut nantinya akan ditampilkan secara urut di layar pertempuran, dengan catatan kamu punya uang untuk membelinya. Cara ini harus diakui sangat membantu, karena kamu tidak perlu lagi membuka layar membeli benda, yang akan menutup layar pertempuran, serta membuang waktu mencari benda yang ingin dibeli dari puluhan benda yang ada. Apalagi game ini tidak membiarkan pemainnya menghentikan permainan atau Pause seperti game lain. Bila lawan bertemu denganmu ketika kamu sibuk berbelanja, sudah pasti heromu menjadi sasaran empuk!

Feature: Mempermudah Latihan dan Mendapat Hero

 

Dari beragam fungsi yang bisa ditemui di dalam permainan, sepertinya feature yang sangat membantu dalam AOV adalah sistem tutorial dan Road to Glory. Kedua sistem tersebut membuat kamu lebih mudah mempelajari beragam pernik di dalam permainan. Bahkan kamu juga diajarkan bagaimana caranya untuk cepat bisa terjun ke dalam arena.

Sistem tutorial pada AOV juga sangat bersahabat dan midah diikuti. Selain itu, tutorial tersebut tidak memaksa kamu untuk mengikutinya, seperti yang seringkali ditemui di game mobile lain. Jadi, pemain yang sudah mengerti permainan dari MOBA bisa melewatinya. Namun, tutorial itu sendiri ternyata memiliki keuntungan tersendiri bila kamu ikuti, karena mereka memberikan hadiah menarik, seperti hero baru.

Sedangkan untuk Road to Glory, feature ini mencatat berapa banyak pertarungan yang kamu jalani per harinya. Setelah kamu mencapai jumlah tertentu, feature ini akan menghadiahkan hero baru, yang tidak bisa dibeli dari Shop sekalipun. Setelah beberapa waktu telah lewat, tantangan baru dari Road to Glory akan terbuka beserta persyaratan baru untujbkamu penuhi, dan tentunya hadiah hero lain. Feature ini sangat membantu pemain untuk memperluas koleksi kekuatan heronya.

Beragam feature baru juga akan terbuka seiring dengan kenaikan level account milikmu. Ya, semakin sering kamu bermain, maka level account tersebut akan semakin tinggi dan kamu akan menemukan fungsi baru. Selain bisa membantumu untuk bertempur di arena, fungsi tersebut juga dapat berguna untuk memperluas koneksi sosialmu di dalam permainan.

Ambil contoh fungsi Talent dan Guild. Talent dapat membantu kamu di saat darurat dengan beragam skill spesial yang unik. Pilihan Talent baru akan terbuka seiring dengan level accountmu, kemudian kamu dapat memilihnya untuk dibawa ke medan tempur. Sedangkan Guild memberimu kesempatan untuk lebih serius dalam bermain, melalui mencari kelompok pemain lain dengan tujuan yang sama. Bermain dengan pemain yang sama terus menerus tentunya akan membuatmu lebih kompak.

Shop

Tidak seperti game mobile lain, AOV tidak terlalu mengandalkan penjualan premium atau transaksi berdasar uang asli untuk memperkuat dirimu. Walaupun masih ada beberapa bagian yang dibatasi khusus untuk transaksi premium saja, tetapi ia tidak menghalangimu untuk membeli hero tanpa uang asli. Hal ini tentunya menjadikan AOV terbuka untuk pemain yang mampu bermain lama tetapi memiliki kemampuan finansial rendah.

Transaksi untuk pembelian hero, yang notabene adalah faktor terpenting dalam game ini, memiliki opsi pembayaran yang bersahabat. Bila kamu cukup rajin bermain, maka kamu bisa mengumpulkan uang dalam permainan berupa Gold. Uang Gold itu kemudian dapat kamu gunakan untuk membeli hero yang disukai. Karena harganya yang relatif tinggi, maka pembelian hero menggunakan uang Gold sebaiknya kamu pastikan terlebih dahulu, dengan cara mencoba hero tersebut melalui Hero Trial.

Cara lain untuk membeli hero adalah dengan menggunakan voucher. Voucher sendiri merupakan representasi dari pembelian premium alias uang asli. Untuk mendapatkan voucher tersebut, kamu dapat membelinya dengan mudah dari dalam game, baik via pulsa atau poin Google. Jangkauan harganya dimulai dari sekitar 15 ribuan hingga 1,4 jutaan.

Skin merupakan benda yang hanya bisa dibeli melalui transaksi premium di dalam Shop. Selain berguna untuk mengubah bentuj tampilan hero ketika bermain, skin sendiri juga memberikan beberapa tambahan kekuatan untuk hero yang menggunakannya. Bila kamu tertarik untuk menggunakannya, siapkan setidaknya sekitar 150 ribuan untum setiap skinnya.

Selain Gold dan voucher, kamu juga bisa menemukan poin lain untuj berbelanja, yaitu gem dan ruby. Gem bisa ditemui dengan relatif mudah, terutama dari hadiah ketika kamu berhasil mencapai persyaratan tertentu, misalnya mencapai level account 5 atau mendapatkan kemenangan berturut-turut sebanyak 5 kali. Poin gem juga bisa kamu gunakan untuk membeli hero.

Tips Bermain

Memainkan game berjenis MOBA seperti AOV lebih membutuhkan kemampuan dibandingkan hero yang kuat. Seperti layaknya game kompetitif lain, kemampuanmu untuk mengendalikan hero, berkomunikasi dengan anggota tim, dan membuat taktik sesuai dengan kondisi permainan adalah hal terpenting. Itu sebabnya kemampuan finansiak hanya dapat sedikit membantumu di dalam permainan.

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah mengenali hero yang kamu gunakan. Baca dan pahami dengan jelas karakteristik hero, serta skillnya. Ada skill yang dapat kamu kombinasikan dengan skill lain milikmu, atau dengan skill anggota tim. Bila kamu bingung ingin memilih hero seperti apa, maka sebaiknya kamu mencoba semua hero dengan menggunakan Hero Trial, bebas biaya.

Setelah kamu memilih hero, perhatikan posisinya di dalam medan pertempuran. Bila kamu tidak yakin dengan kemampuanmu, ikuti jalur yang diambil pemain lain supaya lebih aman, tetapi mendapatkan poin experience dan uang lebih sedikit. Lalu, sebisa mungkin tutupi heromu dengan Creep, supaya hero lawan tidak bisa menyerang langsung heromu.

Usahakan pula kamu memberikan pukulan terakhir yang membunuh hero atau Creep lawan. Sebab, pukulan terakhir itulah yang memberikan uang terbesar dan membuatmu bisa lebih cepat membeli benda kuat. Apalagi untuk hero dengan serangan jarak dekat, yang seringkali terhalang Creep sendiri untuk memberikan pukulan terakhir tersebut.

Kemudian, siapkan urutan benda yang akan kamu beli melalui layar “Item”. Untuk melihat benda apa yang tepat untuk hero tertentu atau pada taktik tertentu, carilah panduannya di Internet atau melalui apps panduan AOC yang dibuat gamer lain di Google Play. Dan yang terpenting, pastikan koneksi Internetmu stabil dan baik, karena game ini sangat menekankan elemen tersebut. Bila koneksimu putus di tengah permainan, lambat, atau kamu tidak bergerak sama sekali alias ditinggal pergi di tengah pertarungan, maka kamu akan mendapatkan penalti dari sistem game dan pemain lain akan memasukkanmu ke blacklist. Selamat bermain AOV dan dapat 7M! MMMMMMM!

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES