July 20, 2015

Riset: Anak Muda Suka Smartphone, Orang-tua Pilih Desktop

Penulis: Elizabeth Swanti
Riset: Anak Muda Suka Smartphone, Orang-tua Pilih Desktop  

MOBITEKNO – Kabar gembira bagi para produsen desktop di dunia. Meski penjualan smartphone dan tablet kini jauh lebih banyak ketimbang komputer biasa, namun tak berarti komputer desktop akan ditinggalkan sepenuhnya.

Dalam hasil riset yang dipublikasikan oleh ComScore pekan ini, disebutkan bahwa kaum millennials umumnya memillih akses internet secara mobile. Namun, ini ternyata hanya lebih dinikmati oleh orang berusia 18-34 tahun; yang banyak menghabiskan waktu selancar maya-nya melalui akses mobile, terutama smartphone.

Dalam riset yang dilakukan di tiga wilayah; Amerika Serikat, Kanada, serta Inggris tersebut, diketahui bahwa penetrasi smartphone di tiga pasar tersebut mencapai hingga 90 persen. Meski demikian, riset tersebut juga mengungkapkan hal pening lainnya; bahwa pasar dekstop masih memiliki harapan, dan masih menjadi pilihan utama bagi orang berusia 35 tahun keatas utuk mengakses komputer dan internet.

Kondisi ini banyak terlihat dari responden di Kanada dan Inggris, dimana 30 persen dari mereka menghabiskan waktu mengakses sosial media melalui desktop. Sementara hanya 24 persen dari responden di Amerika Serikat yang menggunakan desktop untuk akses internet dan sosial media.

ComScore juga menyebutkan bahwa jumlah pengguna desktop semakin meningkat bagi konsumen usia 55 tahun keatas. Menariknya, alasan para pengguna desktop tidak meninggalkan perangkat tersebut, ternyata adalah karena kenyamanan mereka untuk mengakses multi-platform tanpa harus berjibaku dengan akses mobile yang lebih padat dan sibuk. 

 

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES