July 24, 2017

Selain Apple, Intel Juga Punya Persoalan dengan Qualcomm

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Selain Apple, Intel Juga Punya Persoalan dengan Qualcomm  

MOBITEKNO – Intel secara resmi menuduh Qualcomm praktik bisnis tak wajar. Tudingan Intel ini terjadi di tengah masih berlangsungnya perseteruan Qualcomm dan Apple yang berkepanjangan terkait izin lisensi teknologi Qualcomm yang ada pada iPhone.

Pada perkembangan terakhir ksiruh Qualcomm dan Apple, perusahaan semikonductor yang prosesornya banyak digunakan dalam smartphone ini mencoba untuk memblokir penjualan iPhone di pasar AS. Seperti diketahui, pasar AS berkontribusi sekitar 40 persen dari total penjualan Apple di seluruh dunia.

Atas dasar apa Qualcomm dapat menuntut Apple? Qualcomm mengklaim iPhone terbaru Apple menggunakan teknologi yang tidak dilisensi resmi sehingga melanggar undang-undang paten yang berlaku di AS.

Perseteruan keduanya mulai terjadi sejak awal tahun ini saat Apple menuduh Qualcomm mematok tarif yang erlalu tinggi untuk paten-paten teknologi yang digunakanpda iPhone. Qualcomm diangap memanfaatkan posisinya sebagai perusahaan yang mendominasi teknologi modem (3G/4G LTE) yang ada pada smartphone.

Tidak adanya titik temu kedua pihak diperkirakan juga membawa konsekuensi penggunaan dua jenis modem pada iPhone 7. Pada iPhone tersebut Apple menggunakan dua jenis modem, baik berbasis teknologi Qualcomm maupun Intel.

""

Lalu, tudingan seperti apa yang diarahkan Intel ke Qualcomm? Perusahaan semikonduktor penguasa prosesor PC ini mengklaim aksi Qualcomm melawan Apple merupakan salah satu strategi Qualcomm untuk mempertahakan dominasinya di pasar modem mobile.

Intel mungkin ingin menunjukka 'gerahnya' Qualcomm atas langkah Apple menggunakan dua jenis modem pada iPhones dan bukan satu jenis modem (Qualcomm), seperti yang selam ini dilakuka Apple.

Intel menduga telah terjadi adanya penawaran (harga/tarif) menarik Qualcomm ke Apple sebagai 'kompensasi' jika Apple hanya menggunakan modem Qualcomm. Pratik untuk menawarkan satu modem inilah yang dianggap Intel akan menimbulkan kompetisi yang tidak sehat dan berindikasi monopoli. Selengkapnya laporan Intel terkait praktik Qualcomm ini ada pada file PDF ini.

Siapa yang sebenarnya melakukan praktik-praktik bisnis yang tidak etis di tengah persaingan yang kian sengit belakangan ini? Semuanya bisa saja melakukannya atau pernah melakukannya. Misalnya saja Intel yang pernah dianggap melakukan monopoli pasar prosesor PC atau Apple yang cenderung monopolistik dengan ekosistem mobile platmorm iOS.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES