March 21, 2017

Review Tp-Link NC250: Kamera Mungil dengan Konektivitas Cloud

Penulis: Maulana
Review Tp-Link NC250: Kamera Mungil dengan Konektivitas Cloud  

MOBITEKNO – Selama ini, Tp-Link dikenal sebagai produsen perangkat jaringan seperti router dan switch. Namun tak hanya itu, mereka juga punya jajaran produk IP Camera, salah satunya adalah Tp-Link NC250.

Tak hanya sebatas IP Camera yang bisa diakses melalui jaringan lokal, dengan adanya alamat IP publik, Tp-Link NC250 juga bisa diakses dari mana saja selama ada koneksi internet. Selain dengan menggunakan laptop atau PC, kamera ini pun bisa dikendalikan lewat smartphone atau tablet dengan adanya aplikasi tpCamera.

Dengan kamera beresolusi HD 720p, kualitas gambar dan video yang dihasilkan oleh Tp-Link NC250 terasa jernih dan tajam. Apalagi fitur menarik yang dimiliki IP Camera tersebut? Berikut review Tp-Link NC250 selengkapnya.

Kelengkapan

Agar bisa diletakkan di sudut dinding dan berputar ke berbagai sisi, Tp-Link NC250 dilengkapi dengan berbagai mounting kit pada paket penjualannya.

Berikut paket penjualan Tp-Link NC250 selengkapnya:

  • Unit Tp-Link NC250
  • Kabel ethernet
  • Mounting kit
  • Power adaptor
  • Extension cable power adaptor
  • Manual

Desain

Tp-Link NC250 datang dengan bodi berbentuk lonjong dan agak bulat yang didominasi dengan warna putih. Dengan ketebalan 69 mm, IP camera ini mudah untuk diletakkan di mana saja, baik untuk ditempel di sudut dinding maupun sekadar ditaruh di atas meja. Oleh karena itu, agar lebih memudahkan pengguna untuk meletakkannya, Tp-Link juga menyertakan mounting kit. Secara keseluruhan, IP camera ini sendiri memiliki dimensi 137 x 76 mm.

Untuk bisa menghasilkan gambar berkualitas HD 720p, pada sisi depannya terdapat kamera beresolusi 1 MP dengan bukaan 1/4” dan sebuah sensor CMOS. Sementara agar bisa menangkap gambar pada saat kondisi ruangan sangat gelap sekalipun, kamera pada Tp-Link NC250 dilengkapi enam buah lampu infrared. Semua lampu tersebut akan aktif secara otomatis ketika kamera tak mendapatkan cahaya yang cukup untuk bisa menangkap gambar dengan normal.

Beralih ke sisi belakang, IP Camera ini dilengkapi dengan sebuah port RJ-45 untuk mengoneksikannya dengan router melalui kabel ethernet. Tepat di sebelahnya, ada port power yang bisa menghubungkannya dengan adaptor. Sedikit agak ke bawah, terdapat tombol WPS yang juga berfungsi sebagai tombol reset jika ditekan selama beberapa saat.

Selain melalui kabel, Anda juga bisa menghubungkan Tp-Link NC250 melalui koneksi nirkabel melalui Wi-Fi. Untuk memudahkan instalasi saat ingin mengoneksikannya melalui Wi-Fi, Anda bisa menekan tombol WPS yang ada pada router dan IP camera dalam waktu yang hampir bersamaan. Modul Wi-Fi pada Tp-Link NC250 sendiri beroperasi pada frekuensi 2.4 GHz dan memiliki standar 802.11 b/g/n sehingga kecepatannya bisa mencapai 300 Mbps.Tak hanya gambar dan video, suara di sekitar juga bisa ditangkap berkat adanya mikrofon yang terletak pada sisi bawah.

Fitur

Tp-Link NC250 tak cuma bisa digunakan untuk jaringan lokal, tetapi juga bisa terhubung dengan internet melalui router. Hal tersebut dimungkinkan berkat adanya alamat IP publik. Meski begitu, Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan konfigurasi dan menghafal alamat IP yang diberikan. Pasalnya, pengguna bisa mengaksesnya dengan mudah melalui akun Tp-Link yang dibuat pada saat pertama kali digunakan.

Seperti cloud camera lainnya, IP camera ini juga dibekali dengan fitur Live View sehingga pengguna bisa memantau kondisi ruangan secara realtime. Untuk mengakses fitur tersebut, Anda bisa membuka kontrol panel dari perangkat Tp-Link NC250 melalui browser, baik Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, dan lain-lain.

Akses melalui aplikasi

Tak cuma sekadar melihat kondisi ruangan, pengguna pun dapat mengatur tingkat brightness, contrast, dan saturation ketika sedang menggunakan fitur Live View, termasuk pemilihan mode siang atau malam.

Pada mode siang sendiri, gambar yang tampil akan berwarna. Sedangkan mode malam, sensor infrared akan aktif sehingga warnanya akan menjadi hitam putih (monocrome). Jika dibutuhkan, Anda juga bisa mengambil gambar maupun video secara realtime dengan cara menekan tombol capture video/picture. Untuk kualitasnya sendiri, terdapat opsi Low dan Normal dengan pilihan angka frame per second (fps) mulai dari 10, 15, 20, 25, hingga 30 fps.

Tak ketinggalan, fitur Motion Detection juga disematkan pada Tp-Link NC250 untuk mendeteksi pergerakan dari objek yang sedang dipantau. Jika dibutuhkan, pengguna bisa mengaktifkannya melalui sub menu Advanced. Agar lebih optimal, Anda diizinkan untuk mengaktifkan fitur Motion Detection pada sebagian area saja dari objek yang dipantau.

Motion Detection

Bagi Anda yang ingin memantau kondisi ruangan saat bepergian, Tp-Link sudah menyediakan aplikasi mobile bernama tpCamera. Melalui aplikasi ini, fitur Live View bisa diakses dengan mudah, tanpa harus membuka desktop PC maupun laptop. Selain memantau secara realtime, mengambil gambar maupun video juga bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Soal kualitas tangkapan gambar, kamera beresolusi 1 MP dengan yang dibekali dengan sensor CMOS tersebut mampu menampilkan hasil gambar yang cukup jernih pada resolusi HD 720p, begitu juga pada saat kondisi cahaya rendah. Respon terhadap objek yang bergerak pun masih bisa ditampilkan dengan baik. Hanya saja, responnya masih terasa kurang ketika ada objek cepat yang bergerak di dalam area yang sedang dipantau.

History perekaman

Spesifikasi

Tp-Link NC250 memiliki spesifikasi yang cukup bagus untuk merekam kejadian-kejadian dalam ruangan, baik indoor maupun outdoor. Spesifikasi ini membuat hasil gambar atau video yang direkam menjadi terlihat jernih sehingga bisa dilihat dengan baik saat Anda membutuhkannya.

Berikut ini spesifikasi dari Tp-Link NC250

Resolusi Kamera 1.0 Megapixel (1280 x 720)
Jenis Sensor 1/4″ Progressive Scan CMOS Sensor
Digital Zoom Hingga 4x
Output Video 1280 x 720
Format Video H.264/MJPEG
Format Audio G.711, AAC
Konektivitas IEEE 802.11n/g/b, 10/100 BASE-TX Fast Ethernet
Network Protocol Bonjour, TCP/IP, DHCP, PPPoE, ARP, ICMP, FTP, SMTP,DNS, UPnP, HTTP dan UDP
Dimensi 137 x 76 x 69 mm
Power Input 9V DC, Max 5,4W

Kesimpulan

Berbekal kamera beresolusi 1 MP dan sensor CMOS, Tp-Link NC250 bisa menampilkan gambar yang cukup jernih dan detail. Noise yang dihasilkan juga terbilang rendah saat menggunakan mode malam. Ini didukung berkat adanya enam buah sensor infrared pada sisi depan kamera. Sayangnya, kualitas gambar jauh menurun ketika menggunakan mode siang saat kondisi ruangan cukup gelap.

Terlepas dari kualitas gambar yang dimilikinya, IP camera ini mampu menampilkan respon yang cukup baik jika ada pergerakan objek pada area yang dipantau. Namun keterbatasan dari sisi hardware membuatnya tak mampu merekam pergerakan objek yang cukup cepat dengan baik.

Di sisi lain, mobile apps buatan Tp-Link, tpCamera sudah cukup baik untuk mengakomodir fungsi Live View. Dengan begitu, pengguna bisa memantau kondisi ruangan melalui smartphone atau tablet ketika sedang berada di luar rumah atau kantor. Hanya saja, fungsionalitas dari aplikasi tersebut masih sebatas untuk mengakomodir fitur Live View. Selebihnya, Anda harus mengaksesnya melalui control panel yang berbasis web.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES