February 26, 2017

Kontradiksi Dua Penguasa Pasar! Samsung Paling Rajin, Apple Justru Paling Malas Rilis Smartphone

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Kontradiksi Dua Penguasa Pasar! Samsung Paling Rajin, Apple Justru Paling Malas Rilis Smartphone  

MOBITEKNO – Smartphone asal Tiongkok boleh saja paling sering kita jumpai di pasaran dalam beberapa tahun ini. Namun, ini bukan berarti keragaman produknya juga berbanding lurus dengan jumlah unit yang terjual di seluruh dunia.

Berdasarkan laporan terbaru dari Statista yang dilansir dari Business Insider, bukan Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi, bahkan atau Lenovo yang menjadi vendor paling banyak meluncurkan smartphone terbaru sepanjang tahun lalu (2016), vendor raksasa asal Korea Selatan, yaitu Samsung.

Meskipun Samsung dan Apple saat ini saling bersaing ketat dalam meraih pangsa pasar global terbesar, kedua perusahaan tersebut mencapainya dengan strategi produk yang jauh berbeda.

Apabila Apple cukup merilis tiga produk (iPhone SE, iPhone 7, dan iPhone 7 Plus) sepanjang 2016 lalu, Samsung memilih untuk meluncurkan setidaknya 31 seri smartphone/handphone pada periode yang sama.

Strategi Apple yang lebih mementingkan sedikit produk sepertinya juga ditiru oleh vendor Oppo yang ‘hanya’ meluncurkan 9 produk baru pada tahun lalu. Sedangkan strategi Samsung menbanjiri pasar dengan banyak produk samrtphone baru diikuti juga oleh vendor Tiongkok lainnya, yakni Lenovo (26 produk).

Apakah pada tahun 2017 ini Samsung tetap akan melakukan strategi yang sama dengan meluncurkan banyak produk smartphone baru di pasar? Atau malah sebaliknya mulai membatasi diri dengan memfokuskan pada beberapa produk andalan saja? Tentunya menarik untuk diikuti sepanjang tahun ini.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES