February 26, 2017

Google Doodle Badak Jawa Tandai Ultah ke-25 Taman Nasional Ujung Kulon

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Google Doodle Badak Jawa Tandai Ultah ke-25 Taman Nasional Ujung Kulon  

MOBITEKNO – Hari Minggu ini (26/2/2017), Taman Nasional Ujung Kulon muncul sebagai Google Doodle di halaman depan search engine paling populer tersebut. Pada gambar Google Doodle tersebut terlihat sosok badak Jawa bercula satu yang sedang berkubang dengan air yang mengalir di badan yang membentuk tulisan ‘Google’.

Seperti diketahui, Google Doodle merupakan cara Google untuk memperingati hari-hari penting/besar/raya, menyemarakkan ajang besar, dan penghargaan atas pencapaian seseorang bagi umnat manusia. Ini dilakukannya dengan merubah logo standar Google dengan logo yang bersifat tematik.

Munculnya gambar badak Jawa bercula satu (Rhinoceros sondaicus) di halaman utama Google sebagai Google Doodle dikarenakan hari ini (26/2/2017) bertepatan dengan hari Ulang Tahun Taman Nasional Ujung Kulon yang ke-25 (25th Anniversary of Ujung Kulon Park). 

""

Usianya yang mencapai seperempat abad ini dihitung sejak taman tersebut diresmikan sebagai Taman Nasional Ujung Kulon melalui surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 284/Kpts-II/1992 pada tanggal 26 Februari 1992. 

Gambar badak Jawa dipilih karena hewan yang diperkirakan tinggal 50-60 ekor ini hanya memiliki habitat satu-satunya di Taman Nasional dengan luas total 122.956 Ha dan berlokasi di daerah Ujung Kulon, Banten tersebut.

Pentingnya menjaga kelestarian salah satu hewan mamalia terlangka di bumi ini membuat peranan Taman Nasional Ujung Kulon yang telah dianggap sebagai warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1991 menjadi sangat krusial di tengah-tengah maraknya perambahan hutan liar dan perubahan ikllim.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES