February 11, 2017

Review Logitech X50: Speaker Bluetooth yang Mungil dan Nyaring

Penulis: Maulana
Review Logitech X50: Speaker Bluetooth yang Mungil dan Nyaring  

MOBITEKNO – Perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan laptop sejatinya sudah dilengkapi dengan speaker internal. Namun karena bodinya yang kecil, sebagian perangkat tersebut pun hanya bisa menghasilkan kualitas suara yang biasa-biasa saja. Oleh karenanya, dibutuhkan speaker eksternal untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik.

Logitech X50 adalah salah satu speaker eksternal yang mengandalkan koneksi bluetooth agar bisa terhubung dengan perangkat mobile. Namun tak cuma itu, ia juga dibekali dengan jack audio 3,5 mm sehingga Anda masih bisa menghubungkannya dengan perangkat yang tak memiliki Bluetooth.

Dengan bentuk yang kecil dan mungil, Logitech X50 bisa diletakkan dimana saja dan dibawa-bawa dengan mudah. Apalagi keunggulannya? Berikut review Logitech X50 selengkapnya.

Kelengkapan

Tak ada yang istimewa dari paket penjualan Logitech X50. Ini dikarenakan speaker bluetooth ini tak memerlukan banyak aksesoris pendukung agar bisa beroperasi dengan semestinya.

Berikut paket penjualan Logitech X50:

  1. Unit Logitech X50
  2. Kabel microUSB
  3. Manual

Desain

Logitech X50 datang dengan dimensi yang mungil, yakni 97,5 x 85,7 x 38,3. Bobotnya pun tergolong cukup ringan, 142 gram. Dengan begitu, Anda bisa membawanya kemana pun dan meletakkannya dengan mudah. Agar terlihat manis, speaker wireless ini dikemas dengan bodi berbentuk bulat dan warna-warni yang ceria.

Secara keseluruhan, Logitech X50 mengusung bodi dengan material plastik. Namun agar bagian tak mudah lecet pada bagian yang krusial, produsen aksesoris asal Swiss ini membalut tombol dan bagian belakangnya dengan bahan karet.

Bagian belakang berbahan karet

Walaupun bentuknya bulat, speaker ini tetap bisa ‘berdiri’ secara horizontal. Ini dikarenakan bagian atas speaker agak sedikit menonjol dan berlubang. Dengan adanya lubang tersebut, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai pengait pada tas, tali, atau benda lainnya.

Berdiri horisontal

Agar bisa beroperasi, terdapat tiga tombol pada sisi samping Logitech X50, yakni volume up, volume down, dan power. Masing-masing tombol tersebut berfungsi untuk menyesuaikan tingkat volume dan menyalakan atau mematikan perangkat. Selain itu, tombol power juga bisa difungsikan untuk melakukan proses pairing.

Tiga tombol fungsi

Sebagai alternatif jika perangkat yang Anda gunakan tak memiliki modul Bluetooth, tepat di samping tombol volume up, volume down, dan power, terdapat jack audio 3,5 mm yang bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat melalui kabel. Tak cuma itu, port microUSB juga tersedia untuk melakukan pengisian baterai.

Port Audio dan micro USB

Fitur

Layaknya speaker bluetooth pada umumnya, tak diperlukan aplikasi khusus untuk bisa menggunakannya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengoneksikannya melalui proses pairing. Untuk melakukan pairing, cukup tekan dan tahan tombol power selama 3 detik. Setelah itu, lampu indikator akan berkedap-kedip menandakan bahwa mode pairing sedang aktif.

Berbekal baterai berkapasitas 750 mAh, speaker bluetooth ini bisa beroperasi hingga 5 jam lamanya. Sementara modul bluetooth yang tertanam di dalamnya bisa menangkap sinyal hingga jangkauan 10 meter.

Bisa bertahan 5 jam dengan baterai 750 mAh

Soal kualitas audio, Logitech X50 memiliki karakter suara yang lembut dan jernih namun tetap lantang. Ini dikarenakan konfigurasi volume maksimalnya yang cukup tinggi sehingga dapat menjangkau satu ruangan yang cukup besar. Jika masih kurang kencang, Anda bisa menaikkan volumenya melalui perangkat yang sedang terhubung.

Komposisi treble pada Logitech X50 lebih mendominasi ketimbang bass. Walaupun begitu, komposisi bassnya masih terasa cukup memuaskan untuk beberapa jenis musik. Hanya saja, detail suara yang dihasilkannya masih terasa masih kurang.

Oleh karenanya, ia lebih cocok digunakan untuk mendengarkan musik yang lebih banyak vokal dan tak terlalu kompleks, seperti classic, rock, pop, punk, instrumental, dan lain sejenisnya.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi lengkap dari speaker Bluetooth Logitech X50:

Dimensi 97,5 x 85,7 x 38,3 mm
Jenis Baterai Lithium
Kapasitas Baterai 750 mAh, 3,7 V
Daya Tahan Baterai 5 jam
Konektivitas Bluetooth dan jack audio 3,5 mm
Lampu indikator Biru, merah, dan ungu
Power Rating (RMS)  3 Watt
Ukuran Driver 38,1 mm
Sound Pressure Level (SPL Max) >78 dBC
Signal-to-Noise Ratio (SNR) <-85 dBr
Frequency Response 132 Hz – 20 kHz
Input Impedance 4 ohms
Audio Control Volume +, Volume -, On/Off/ Bluetooth pairing
Charge Rating 5 V, 500 mA (USB Charge)

Kesimpulan

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan speaker portable dengan suara lantang, Logitech X50 bisa dijadikan alternatif pilihan yang cocok. Pasalnya, tak cuma ukurannya yang mungil, speaker ini juga memiliki konfigurasi volume yang cukup tinggi.

Kualitas suara yang dimilikinya juga terbilang cukup bagus. Meski belum bisa menghasilkan detail suara yang memuaskan, suara middle dan separasinya sudah cukup baik. Sementara treble lebih mendominasi ketimbang bass.

Di sisi lain, pengoperasiannya pun tergolong mudah. Cukup tekan dan tahan tombol power selama 3 detik untuk memasuki mode pairing. Proses pairing sendiri hanya dibutuhkan saat pertama kali terkoneksi dengan perangkat. Setelah itu, Anda hanya perlu mengaktifkan bluetooth untuk bisa terhubung dengan speaker Logitech X50.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES