January 29, 2017

Review OPPO F1s Raisa Phone: Lebih Eksklusif dengan Tanda Tangan Raisa

Penulis: Eko Lannueardy
Review OPPO F1s Raisa Phone: Lebih Eksklusif dengan Tanda Tangan Raisa  

MOBITEKNO – Sukses dengan tagline “Selfie Expert” membuat OPPO ‘ketagihan’ untuk terus merilis jajaran smartphone yang fokus pada fitur kamera depan yang dikembangkannya, seperti F1, F1 Plus, dan terakhir OPPO F1s yang semuanya dirilis pada awal hingga pertengahan tahun 2016 lalu. Dukungan kamera depan (kamera selfie) menjadi alat jualan OPPO untuk memasarkan seluruh produknya tersebut.

Sejatinya, OPPO F1s yang sudah dirilis pada pertengahan tahun 2016 lalu, kini memiliki tampilan yang lebih eksklusif dengan embel-embel “Raisa Phone”. Dirilis menjelang akhir tahun 2016 lalu, smartphone ini memang ditujukan bagi penggemar Raisa, penyanyi papan atas Tanah Air yang ingin menjadikan perangkat tersebut sebagai koleksi tersendiri.

Sesuai dengan namanya OPPO Raisa Phone, pada smartphone ini OPPO juga menyematkan tanda tangan asli Raisa pada bodi bagian belakang yang dibuat menggunakan teknik grafik laser dengan sentuhan warna silver. Tak hanya itu, tersedia dalam jumlah terbatas (Limited Edition), OPPO F1s Raisa Phone ini hanya diproduksi sebanyak 6000 unit.

Tak hanya menyematkan tanda tangan Raisa, agar terlihat lebih eksklusif dan elegan, OPPO F1s Raisa Phone ini juga dikemas dengan balutan bodi metal berwarna hitam. Sebelumnya, OPPO hanya mengemas OPPO F1s dengan pilihan warna Grey, Gold dan Rose Gold. Lalu, apakah ada fitur lain yang istimewa yang disematkan oleh OPPO ke dalam F1s Raisa Phone dibanding varian F1s original?

Kelengkapan

Tak hanya perangkatnya saja yang dikemas secara eksklusif dengan balutan berwarna hitam, boks penjualan OPPO F1s Raisa Phone juga dikemas dengan warna yang sama. Tak hanya itu, OPPO juga menyisipkan foto Raisa yang terlihat lebih cantik. Sementara di dalam boks penjualannya, masih tak jauh berbeda dengan smartphone OPPO F1s lainnya.

Berikut paket penjualan OPPO F1s Raisa Phone selengkapnya:

Unit OPPO F1s Raisa Phone
Kabel Data microUSB
Charger
Earphone
Buku Manual
Kartu Garansi
Softcase
SIM Ejector Tool

Desain

Soal desain, tampilan fisik dari OPPO F1s Raisa Phone sejatinya sama persis dengan versi originalnya. Hanya saja, dengan bodi metal warna hitam smartphone ini tampak lebih elegan. Terlebih lagi dengan adanya tanda tangan Raisa pada bodi belakang, smartphone ini semakin terlihat lebih eksklusif. Sisanya, tak ada lagi yang membedakan antara versi original OPPO F1s dengan versi Raisa Phone.

Layaknya OPPO F1s seri sebelumnya, OPPO F1s Raisa Phone juga dibekali dengan sebuah tombol fisik (home) yang juga sekaligus berfungsi sebagai Fingerprint (pemindai sidik jari) serta dua buah tombol kapasitif (Menu dan Back) pada bagian bawah. Selain itu, ada tombol Power di sisi kanan dan tombol Volume pada sisi kiri. Sementara untuk Jack Audio 3,5 mm dan port microUSB ada pada sisi bawah.

 

OPPO F1s Raisa Phone yang juga dibekali baterai berkapasitas 3.075 mAh ini memiliki dua buah slot nanoSIM, dan sebuah slot microSD. Untuk memenuhi kebutuhan multimedia, OPPO juga sudah menyematkan speaker di sisi bawah perangkat. Dukungan lainnya, kamera utama 13 MP yang sudah dilengkapi LED flash dan kamera selfie 16 MP. Sayangnya, OPPO tak melengkapi selfie kamera dengan LED flash.

Mengusung layar 5,5 inci, bezel yang agak tebal dan ketebalan bodi 7,4 mm membuatnya sedikit kurang nyaman saat digenggam dengan satu tangan. Untungnya, bodi bagian samping OPPO F1s Raisa Phone ini menggunakan sentuhan “doff” sehingga tak terlalu licin saat digenggam. Secara keseluruhan, smartphone ini sendiri memiliki dimensi 154,5 x 76 mm.

 

Fitur & Performa

Embel-embel Raisa sebagai salah satu penyanyi papan atas di Tanah Air yang dikemas ke dalam smartphone ini sayangnya tak dibarengi dengan fitur eksklusif dari sisi software. Padahal, OPPO bisa saja membuat aplikasi khusus yang berisi berbagai macam konten terkait dengan Raisa untuk memanjakan para penggemarnya.

OPPO F1s Raisa Phone ini sendiri menggunakan ColorOS versi 3.0.0i berbasis Android Lollipop 5.1. Walaupun tak mengadopsi Android yang lebih baru, seperti Marshmallow atau Nougat, sistem operasi khas OPPO tersebut berhasil membuat smartphone ini cukup optimal dan terasa mulus pada saat penggantian transisi menu.

Layaknya ponsel Android lainnya, smartphone ini juga memiliki fitur Battery Manager, Power Saving Mode, System Optimization, dan sebagainya. Namun ada satu fitur yang cukup menarik perhatian, yakni Eye Protection. Fitur ini mirip dengan Night Shift yang ada di platform iOS yang mampu mengurangi cahaya biru dari LCD agar mata pengguna tetap nyaman saat melihat layar ponsel di malam hari.

Masuk ke menu Setting, OPPO juga tak melakukan perubahan sehingga seluruh opsi yang ada di dalam menu ini benar-benar sama dengan OPPO F1s versi original. Mulai dari pengaturan konektivitas, wallpaper, layar hingga security semuanya bisa Anda lakukan dengan mudah lewat menu Setting yang tersedia.

Bagaimana untuk urusan memotret? Seperti telah diinformasikan di awal, OPPO F1s Raisa Phone juga telah dibekali dengan kamera utama 13 MP plus LED flash serta kamera selfie 16 MP. Aplikasi Camera yang dihadirkan pun dikemas oleh OPPO dengan sederhana, sehingga sangat mudah digunakan oleh orang awam sekalipun.

Pada aplikasi Camera yang disediakan jika pengguna memotret dengan kamera utama, ada enam mode pemotretan yang dapat dipilih, yakni Normal, Ultra HD, Various Filters, GIF, Double Exposure, dan Expert Mode. Jika pengguna memotret selfie atau menggunakan kamera depan, OPPO hanya menyediakan emapt mode pemotretan, yakni Normal, Various Filters, GIF, dan Double Exposure.

Tak hanya menyediakan opsi untuk memotret (Photo), OPPO F1s Raisa Phone juga memberikan beragam opsi lainnya yang dapat digunakan, seperti untuk pengambilan video (Video), Time Lapse, Beauty, Panorama. Menariknya, semua opsi yang disediakan sangat mudah untuk dioperasikan.

 

 

Masuk ke pengaturan kamera, OPPO pun juga memberi kemudahan bagi pengguna untuk memilih opsi yang tersedia. Sebagai contoh, untuk melakukan pengambilan gambar atau pemotretan, pengguna bisa memilih opsi mulai dari menyentuh layar, menggunakan suara atau dengan menggerakkan tangan.

Sebagai smartphone yang mengunggulkan fitur kamera, spesifikasi hardware yang dimiliki OPPO F1s Raisa Phone pun tak berbeda dengan OPPO F1s original. Smartphone ini telah dibekali dengan chipset MediaTek MT6755 dengan prosesor octa core Cortex-A53 yang memiliki clock speed 1,5 GHz serta RAM sebesar 3 GB.

 

 

Bagaimana jika smartphone ini digunakan untuk bermain game atau menikmati hiburan lainnya di waktu senggang? Tak perlu khawatir! Saat mengajak F1s Raisa Phone bermain Asphalt 8: Airborne, game tersebut mampu berjalan mulus. Begitu juga saat digunakan untuk memutar film atau layanan musik streaming via internet, semuanya berjalan lancar alias bebas hambatan.

Kemampuan multitasking smartphone ini juga terbilang cukup sempurna. Pasalnya, beberapa aplikasi yang cukup berat bisa dibuka secara bersamaan dengan lancar, seperti WhatsApp, Google Chrome, dan beberapa aplikasi media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter. Bisa dikatakan, bercengkrama di dunia maya terasa indah bersama OPPO F1s Raisa Phone.

Tak lupa, untuk membuktikan performanya, Mobitekno.com juga menguji OPPO F1s Raisa Phone dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark yang ada, seperti AnTuTu 6, Geekbench 4, dan PCMark. Saat diuji menggunakan AnTuTu 6, smartphone ini mampu mencapai skor 40516 Sedangkan saat diuji menggunakan Geekbench 4 dan PCMark skor yang dihasilkan masing-masing 631 (Single-Core) dan 2478 (Multi-Core dan 2712.

  

Spesifikasi

Sebagai ponsel kelas menengah yang mengusung tagline “Selfie Expert”, OPPO F1s Raisa Phone telah dibekali den gan chipset yang cukup bertenaga dan kapasitas RAM yang seimbang, yakni 3 GB. Berikut spesifikasi lengkap OPPO F1s Raisa Phone:

Layar  5,5 inci (1.280 x 720 piksel)
Sistem Operasi  Android 5.1 Lollipop
Chipset  MediaTek MT6755
Prosesor  Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPU  Mali-T860MP2
Kamera  13 MP autofocus, LED Flash (belakang); 16 MP (depan)
RAM  3 GB
Storage  32 GB (internal), microSD up to 256 GB
Jaringan  GSM/HSPA/4G LTE
Kartu SIM  Dual Nano SIM Card
Komunikasi & Fitur  WiFi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth® v 4.0, Wi-Fi Direct, Radio FM
Audio  MP3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, MIDI, WAV, AC3, FLAC
Video  DivX, H.264, MPEG4, H.263, Xvid, 3gp
Sensor  Fingerprint/Accelerometer/Proximity/Ambient Light Sensor/Compass
Baterai  3.075 mAh Lihitum-ion

 

Kesimpulan

Secara fisik, OPPO berhasil mengemas smartphone F1s Raisa Phone dengan cukup baik. Ini terlihat dari bodi metal berwarna hitam yang mampu memberikan kesan mewah dan elegan. Sisi belakang yang dilengkapi dengan tanda tangan Raisa juga menjadi nilai tambah tersendiri.

Sayangnya, sebagai salah satu smartphone yang diproduksi dalam jumlah terbatas, OPPO tak memberikan kelebihan khusus dari sisi hardware maupun software. Padahal, mereka bisa saja membuatkan sebuah aplikasi khusus untuk para fans Raisa.

Soal kualitas foto, kamera belakang 13 MP dan kamera depan 16 MP mampu menghasilkan gambar yang terbilang cukup bagus. Hanya saja, berbagai efek built-in yang sudah menjadi settingan default membuat warna gambar kurang natural.

Masuk dalam jajaran smartphone kelas menengah, OPPO memasarkan OPPO F1s Raisa Phone dengan harga terjangkau, yakni Rp 3.499.000. Karena diproduksi terbatas hanya sebanyak 6000 unit, kabarnya smartphone ini laris manis atau terjual habis.

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES