Review Asus Zenfone 4 Selfie: Bikin Aktivitas Selfie Penuh Percaya Diri

Tanggal : Senin, 30 Oktober 2017 - 19:00 WIB
Penulis : Desmal Andi

Page : Fitur dan Performa


Review Asus Zenfone 4 Selfie: Bikin Aktivitas Selfie Penuh Percaya Diri

Dengan desain yang stylish, tentunya harus ditunjang dengan kemampuan yang bisa membuat nyaman penggunanya. Apakah fitur, aplikasi, dan kinerjanya sudah sejalan sesuai yang diinginkan pengguna?

Pertama-tama kita lihat spesifikasi yang dibawa smartphone ini. Asus ZenFone 4 Selfie hadir dengan CPU Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 octa core 1,4GHz 64 bit. Ini yang membedakan dengan Asus ZenFone 4 Selfie Pro yang menggunakan seri Snapdragon 625. Penggunaan Snapdragon 430 bukan berarti membuat kinerja smartphone ini menjadi lambat. Dengan menjalankan aplikasi-aplikasi di dalamnya secara wajar, kinerja aplikasi dalam smartphone ini dapat berjalan dengan mulus, bahkan saat pengujian tidak ditemukan lag pada aplikasi. Responnya terbilang cepat.

Memorinya yang berkapasitas 4 GB RAM ditunjang dengan internal storage sebesar 64 GB cukup lega untuk menyimpan banyak aplikasi dan game di dalamnya. Bahkan, masih tersedia micro SD untuk ruang penyimpanan tambahan.

Dari sisi aplikasi, penggunaan ZenUI 4.0 juga membuat pengguna semakin nyaman. Tidak banyak bloatware yang “diajak”masuk ke dalam smartphone. User Interface dari ZenUI 4.0 ini memang membawa sedikit aplikasi sehingga navigasi terasa lebih ringan. ZenUI 4.0 ini juga membawa Kids Mode sehingga aman jika digunakan oleh anak-anak dari akses yang tidak diinginkan. Proses pengaktifkan Kids Mode ini ada di dalam menu Settings.

Tidak hanya itu. ZenUI 4.0 juga membawa ZenUI Safeguard untuk kenyamanan dan keamanan penggunaan smartphone. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk panggilan dalam keadaan darurat, melaporkan lokasi saat smartphone dicuri, hingga tracking posisi smartphone.

Asus ZenFone 4 Selfie ZD553KL juga sudah menggunakan Android 7.0 Nougat. Dengan demikian berbagai kemudahan dalam navigasi jua bisa Anda dapatkan. Salah satunya, dengan paduan ZenUI 4.0 Anda bisa menahan tombol menu untuk membagi layar menjadi dua tampilan. Bahkan, dengan melakukan double tap pada tombol Home, semua aplikasi akan di-minimize.

Asus ZenFone 4 Selfie dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu 3.000 mAh. Digunakan oleh Mobitekno selaama 4 hari penuh, smartphone ini dapat aktif seharian penuh tanpa mengisi ulang baterai, untuk pemakaian yang wajar.

Kamera

Salah satu keunggulan jajaran ZenFone 4 adalah kamera. Mengusung kamera ganda pada bagian depan dengan komposisi 2o MP f/2.0 dan 8 MP f/2.4 ditambah LED flash, hasil jepretan selfie menjadi lebih terang. Bahkan, dengan dua kamera ini, Anda bisa menciptakan efek bokeh pada hasil selfie. Kamera depan juga menyediakan dua opsi pengambilan gambar, yaitu Main dan Wide Angle. Mode Wide mampu menangkap area lebih luas.

Diperuntukkan untuk kebutuhan selfie, tentunya fitur pada kamera diutamakan. Pada mode kamera depan, Anda bisa menemukan berbagai fitur pendukung agar foto terlihat lebih menarik. Fitur-fitur tersebut adalah Auto Beauty, Soften Skin, Brighten Skin, Enhance Eyes, dan Thin Cheeks. Semua fitur ini bisa diatur dalam beberapa level. Semakin tinggi levelnya semakin halus muka Anda. Jadi atur sesempurna mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Hasil kamera depan terlihat detail dan terang. Efek bokeh bisa didapatkan dengan bagus. Untuk Group Selfie, berkat adanya Wide Angle, semua bisa dilakukan dengan mudah.

Kamera belakang yang memiliki kemampuan 16 MP f.2.0 juga dilengkapi dengan berbagai mode, seperti beauty, Super Resolution, Panorama, GIF Animation, dan Time Lapse. Kamera belakang yang hanya menggunakan satu lensa menggunakan Phase Detection Auto Focus (PDAF) dan lectronic Image Stabilization (EIS) sehingga dapat menangkap gambar dengan lebih stabil.

Pada keadaan terang, kamera utama ini mampu menangkap gambar dengan detail. Namun sayangnya pada saat cahaya sangat minim, masih terdapat noise yang cukup tinggi. Hasil akan sedikit lebih baik jika Anda menggunakan mode Pro. Namun, secara keseluruhan kamera pada ZenFone 4 Selfie ini cukup bagus, terutama jika dibandingkan dengan samrtphone lain di kelasnya.

Hasil jepretan kamera juga bisa diolah lebih lanjut dengan aplikasi yang disediakan Asus. Melalui Selfie Master Anda bisa dimudahkan untuk membuat foto dan video selfie. Bahkan dari aplikasi ini, Anda bisa membuat kolase foto dari kumpulan foto hingga slideshow untuk bentuk tampilan yang lebih menarik. Selfie Master bisa mengakomodir semua kebutuhan Selfie. . Dengan Selfie Master, Anda bisa mengakses langsung BeautyLive untuk menyempurnakan wajah saat membuat live video. Anda juga bisa mengakses kamera depan langsung dari aplikasi ini untuk membuat foto atau video. Tingkat Beauty pun langsung ditawarkan mulai dari level 1 hingga 10.

 

Benchmark

Mobitekno juga mengukur kinerja smartphone ini pada beberapa aplikasi benchmark untuk membandingkan Asus ZenFone 4 Selfie dengan brand lainnya. Hasilnya bisa dilihat berikut ini.

 

Contoh foto


Previous Page : Desain
Next Page : Spesifikasi