Review Asus Zenfone 4 Selfie: Bikin Aktivitas Selfie Penuh Percaya Diri

Tanggal : Senin, 30 Oktober 2017 - 19:00 WIB
Penulis : Desmal Andi

Page : Desain


Review Asus Zenfone 4 Selfie: Bikin Aktivitas Selfie Penuh Percaya Diri

Saat dilepas dari boks kemasannya, smartphone Asus ZenFone 4 Selfie ini terasa cukup ringan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Asus, memang beratnya hanya 144 gram. Cukup ringan untuk dibawa kemanapun Anda pergi. Balutan warna putih sudah terlihat jelas di bagian depan, di sekeliling layar dari atas, samping, hingga bawah.

Smartphone ini memiliki ukuran layar 5,5 inci. Masih cukup nyaman digenggam oleh kebanyakan ukuran tangan orang Indonesia, walaupun jika dipegang dengan satu tangan, masih terasa agak sulit bagian jempol mangakses seluruh area layar. Namun, itu dirasakan oleh penguji dari Mobitekno memiliki ukuran tangan mungil. Bisa saja, Anda memiliki ukuran telapak yang lebih besar sehingga seluruh area layar bisa lebih mudah diakses.

Beralih ke bagian atas dimana layar berada. Layarnya yang berukuran 5,5 inci IPS LCD sudah mendukung 16 juta warna dengan resolusi 720x1280 pixel. Di bagian bawah layar terdapat tombol Home yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Kemampuan tombol ini mampu memindai hingga 10 jari. Jadi, Anda bisa melakukan pengamanan yang banyak, baik untuk akses buka smartphone maupun aplikasi-aplikasi di dalamnya.

Di bagian atas layar terdapat kamera ganda yang berada di sisi kiri dan kanan. Posisi kamera depan dengan kombinasi 20 MP dan 8 MP ini memang berjauhan. Hal ini untuk membantu dalam menangkap gambar dengan area yang lebih luas (wide). Smartphone ini memang memiliki fitur Wide Selfie di dalamnya.

Di samping kamera terdapat sensor proximity yang bisa memantau kondisi cahaya untuk mengatur tingkat kecerahan warna layar secara otomatis. Di sampingnya lagi terdapat LED flash untuk membantu saat mengabadikan subjek di ruang yang kurang cahaya. Speaker phone berada persis di bagian tengah dengan proporsi yang seimbang antara kiri dn kanan.

Sekarang balikkan smartphone sehingga terlihat semua area bagian belakang. Tampak jelas kamera utama dengan kemampuan 16 MP yang sudah didukung dengan Phase Detection Autofocus dan EIS untuk kestabilan saat membidik subjek. Di samping kirinya terdapat LED flash untuk membantu cahaya di ruang temaram. Alihkan pandangan ke bagian tengah, logo Asus terpampang di bagian ini yang menyatu dengan bagian bodi. Garis antenna terdapat di bagian atas dan bawah yang bisa menambah kesan modern dari Asus ZenFone 4 Selfie ZD553KL ini.

Oya, desain kamera belakang pada Asus ZenFone 4 Selfie ini sedikit menonjol dari keseluruhan bodi belakang. Jadi, jika Anda khawatir dengan desain lensa yang menonjol ini, Anda bisa menggunakan case untuk melindunginya. Asus sudah menyediakan softcase yang siap digunakan tanpa harus membelinya lagi dari pihak ketiga.

Setelah bagian atas dan bawah, kini beralih ke setiap sisi kanan dan kiri, serta atas dan bawah. Tombol volume dan power ada di sisi kanan (dengan posisi layar menghadap ke atas). Seperti pada seri ZenFone lainnya, guratan dengan filosofi ZEN ada pada permukaan tombol power. Desain permukaan seperti ini membuat tombol tidak terasa licin saat diakses.

Di sisi lainnya, terdapat slot SIM Card yang harus dikeluarkan dengan SIM Card Ejector dengan cara dicolok. Satu hal menarik dari slot ini. Asus tidak mendesainnya dengan mode hybrid. Jadi, semua SIM Card bisa digunakanm berbarengan dengan penggunaan Micro SD Card. Berbeda dengan mode hybrid, SIM Card kedua tidak perlu mengalah lagi jika Anda menggunakan micro SD.  

Beralih ke sisi bawah. Anda bisa melihat port micro USB untuk kebutuhan proses pengisian daya dan transfer menggunakan kabel data. Port micro SD ini diapit oleh dua speaker untuk audio dari file-file multimedia yang Anda putar. Sementara itudi bagian atas terdapat port audio 3,5mm untuk penggunaan earphone.

Secara keseluruhan, desain smartphone ini cukup stylish dengan empat sudut yang dibuat melengkung. Desain bodi pada sisi-sisnya yang dibuat melengkung (tidak flat) juga menambah kenyamanan saat smartphone ini digenggam oleh satu tangan.


Previous Page : Kelengkapan
Next Page : Fitur dan Performa