Review D-Link DWR-730: MiFi Mungil untuk Mobilitas Tinggi

Tanggal : Jumat, 14 Juli 2017 - 19:00 WIB
Penulis : Maulana
Editor : Desmal Andi

Page : Fitur dan Performa


Review D-Link DWR-730: MiFi Mungil untuk Mobilitas Tinggi

Tak banyak fitur yang disediakan oleh modem D-Link DWR-730 ini. Tak adanya tombol navigasi membuat Anda harus mengakses control panel modem melalui browser pada smartphone atau PC jika ingin mengubah konfigurasi.

Untungnya, layar kecil yang ada di sisi depan masih bisa menampilkan berbagai informasi yang cukup esensial sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk membuka control panelnya melalui browser.

Sejumlah informasi yang bisa didapatkan, di antaranya adalah nama operator, jumlah sinyal yang didapatkan, dan kapasitas baterai yang tersedia. Sementara yang lain-lainnya, seperti mengganti nama SSID, password akses Wi-Fi, maupun APN harus dilakukan melalui control panel.

Performa

Dengan menggunakan smartphone Huawei P8 dan jaringan HSDPA yang disediakan oleh operator Tri, Mobitekno mencoba melakukan pengujian kecepatan download maupun upload pada saat digunakan oleh satu user dengan memanfaatkan tiga aplikasi secara bergantian, seperti OpenSignal, Speedtest, dan Meteor.

Ketika melakukan pengujian di sekitar Masjid Al-Ikhlas yang berada di wilayah Jln. Raya Ragunan, Jakarta Selatan, aplikasi OpenSignal menunjukkan kecepatan download 6,74 Mbps dan upload 2,08 Mbps dengan ping 35 ms. Sedangkan aplikasi Speedtest hasilnya sedikit lebih tinggi, yakni download 7,24 Mbps dan upload 2,16 Mbps dengan ping 32 ms. Di sisi lain, aplikasi Meteor menampilkan angka 7,8 Mbps untuk download dan upload 2,2 Mbps dengan ping 31 ms.

Pengujian kedua dilakukan di wilayah Cengkareng Timur, tepatnya di depan GBKP Cengkareng, Jln. Nurul Amal Raya, Jakarta Barat. Kecepatan download maupun uploadnya agak menurun jika dibandingkan dengan pengujian pertama. Pada aplikasi OpenSignal, angka download bisa mencapai 3,51 Mbps dan upload 1,53 Mbps dengan ping 50 ms. Sementara Speedtest menunjukkan angka 5,51 Mbps untuk download dan 2,15 Mbps untuk upload dengan ping 31 ms. Pada aplikasi Meteor, muncul angka untuk download serta upload masing-masing 4,8 Mbps dan 1,1 Mbps dengan ping 39 ms.

Pengujian ketiga dilakukan di wilayah Senayan, tepatnya di depan Senayan City, Jakarta Pusat. Kecepatan download dan uploadnya tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan pengujian kedua. Pasalnya, OpenSignal hanya menunjukkan kecepatan download 5,53 Mbps dan upload 1,33 Mbps dengan ping 60 ms. Aplikasi Speedtest pun tak jauh berbeda hasilnya, yakni download 4,06 Mbps dan upload 2,47 Mbps dengan ping 29 ms. Begitu pun dengan aplikasi Meteor, angka downloadnya hanya tembus 4,1 Mbps untuk download dan upload 1,7 Mbps dengan ping 46 ms.


Previous Page : Desain
Next Page : Spesifikasi