Review TP-Link RE305 Wi-Fi Range Extender: Tidak Hanya 2.4 GHz, Tetapi Juga Dukung 5 GHz

Tanggal : Rabu, 14 Juni 2017 - 12:00 WIB
Penulis : Desmal Andi

Page : Fitur dan Performa


Review TP-Link RE305 Wi-Fi Range Extender: Tidak Hanya 2.4 GHz, Tetapi Juga Dukung 5 GHz

Keunggulan dari produk ini sudah tentu adalah dual band. Jadi, bagi yang sudah menggunakan jaringan Wi-Fi 5 GHz AC, TP-Link RE305 sudah bisa mendukungnya. Kecepatan internetnya pun akan berbeda dibandingkan dengan 2.4 GHz.

Proses instalasinya pun mudah karena karena bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui browser dan aplikasi di perangkat Android, yaitu TP-Link Theter. Semua setting dilakukan secara wireless sehingga lebijh mudah dan cepat. Setelah perangkat dihubungkan ke listrik di rumah atau kantor, lampu power akan menyala. Anda bisa memulai melakukan setting dari aplikasi di smartphone untuk menghubungkan Wi-Fi Extender ini dengan Wi-Fi Router.

Proses instalasi perangkat ini melalui aplikasi dapat mengikuti wizard yang sudah disediakan di dalamnya. Pilih SSID TP-Link yang muncul lalu berikan sebuah password untuk keamanan perangkat ini. Ikuti saja proses ini sampai selesai.

Proses instalasi juga bisa dilakukan melalui browser dengan membuka alamat “Tplinkrepeater.net”. Prosesnya sama saja dengan aplikasi pada smartphone. Anda harus memilih SSID TP-Link yang muncul lalu menentukan password untuk proses login agar bisa melakukan setting selanjutnya.

Sama seperti produk TP-Link Wi-Fi Extender lainnya, di dalam menu setting ini, Anda dapat menentukan kekuatan signal dari TP-Link RE305. Ada tiga pilihan yang bisa Anda ambil, yaitu Min, Mid, dan Max. Untuk kualitas signal yang paling baik, tentu saja Anda bisa memilih Max, seperti yang Mobitekno lakukan .

Di dalam aplikasi, Anda juga bisa membuat whitelist dan blacklist terhadap berbagai perangkat Wi-Fi yang terhubung ke perangkat WiFi Extender ini. Anda bisa memblok sebuah notebook yang tidak diinginkan untuk tersambung ke jaringan Wi-Fi Anda dengan mengatur IP Address dan MAC adrresnya di dalam tabel block.

Menariknya, Anda juga bisa mengatur waktu hidup dan mati perangkat ini secara otomatis melalui aplikasi di smartphone. Satu lagi fitur yang ada di TP-Link RE305 adalah sudah memiliki fitur bulit-in Access Point di dalamnya. Dengan begitu, perangkat ini tidak hanya sekaddar memancarkan signal WiFi, tetapi juga bisa menjadi access point. Anda yang ingin mengoneksikan perangkat yang tidak memiliki fitur Wi-Fi seperti notebook lama, bisa menggunakan kabel yang dihubungkan ke perangkat ini.

Performa

Untuk menguji kekuatan signal yang bisa dipancarkan dari TP-Link RE305 ini, kami menggunakan aplikasi Wi-Fi Monitor untuk mengukurnya. Hasil kekuatan signal bisa dilihat pada gambar berikut.


Previous Page : Desain
Next Page : Spesifikasi