Review Moto M: Balutan Metal, Aplikasi Microsoft Jadi Selling Point

Tanggal : Jumat, 05 Mei 2017 - 10:00 WIB
Penulis : Eko Lannueardy

Page : Desain


Review Moto M: Balutan Metal, Aplikasi Microsoft Jadi Selling Point

Hadir dengan tampilan desain yang menarik plus balutan material metal menjadi salah satu selling point Moto M. Motorola juga mengemas smartphone ini dalam bentuk unibody dan di setisp sisinya dibuat membulat. Meskipun memliki body yang cukup besar dengan layar berukuran 5,5 inci, Moto M masih memberikan kenyamanan ketika digenggam dalam satu tangan atau masuk ke dalam kantong celana.

Tak berbeda dengan smartphone sejenisnya, pada bagian depan Moto M telah dibekali sensor kamera yang memiliki resolusi 8 MP. Sayangnya, Motorola tidak melengkapi kamera depan tersebut dengan LED flashlight. Pada sisi kanan perangkat, Motorola menanamkan tombol Power (On/Off) di bagian bawah dan tombol Volume tepat di atasnya.

Sementara pada sisi kiri perangkat, Anda bisa menemukan slot SIM Card (Dual SIM Card) yang dikemas menjadi satu dengan slot microSD. Sekali lagi sangat disayangkan, jika pengguna ingin menempatkan SIM Card kedua yang dimiliki, harus berbagi wadah dengan microSD yang akan digunakan. Tentu saja, ini sebuah pilihan.

Bergeser ke sisi atas perangkat, Motorola telah menyematkan port Jack Audio 3.5mm, sedangkan port USB Type-C untuk pengisian daya atau transfer data dapat pengguna temukan pada sisi bawah perangkat. Tak berbeda dengan kebanyakan smartphone sejenis, Moto M juga dibekali speaker audio yang mengapit port USB Type-C.

 

Pada bagian belakang perangkat, Motorola membenamkan sensor kamera dengan resolusi 16 MP yang dipadukan tambahan LED flashlight tepat dibagian bawahnya. Motorola juga menempatkan sensor pemindai sidik jari (Fingerprint) yang posisinya berada di bawah LED flashlight. Menariknya, Motorola juga menyematkan Model dan Tipe smartphone serta lokasi produksi Moto M yang dibuat di Indonesia.

Lalu dimana tombol Home, Back dan Recent ditempatkan oleh Motorola ke dalam Moto M? Pengguna tak lagi menemukan tombol fisik untuk hal itu. Ketiganya dikemas dalam bentuk tombol kapasitif. Tombol kapasitif Home berada di tengah, sedangkan tombol Back dan Recent masing-masing berada di kiri dan kanan.

Tak hanya balutan metal yang menjadi nilai jualnya, daya tarik lain dari smartphone ini adalah dukungan Water-Repellent Nano-Coating. Berkat dukungan tersebut, pengguna tak perlu khawatir jika Moto M yang digunakan terkena percikan air. Namun, jangan sekali-kali smartphone ini direndam ke dalam air atau diguyur, karena Moto M tidak memiliki dukungan sertifikasi IP68.

Nyaman untuk digenggam dengan satu tangan, Motorola mengemas Moto M dengan panjang 151,4 mm, lebar x 75,4 mm dan ketebalan hanya 7,9 mm. Tak hanya itu, bobotnya pun terbilang ringan, yakni hanya 163 gram. Moto M sendiri hadir dalam tiga pilihan warna yang dapat Anda pilih, yakni Gold, Gray dan Silver.


Previous Page : Kelengkapan
Next Page : Fitur dan Performa